ANALISIS GRMATIKAL PADA CERPEN KOPI DAN CINTA YANG TAK PERNAH MATI KARYA AGUS NOOR

Authors

  • Hotmaida Siregar membership
  • Alfrija Irza Sahara Universitas Negeri Medan
  • Jenni Marlina Sitanggang Universitas Negeri Medan
  • Frinawaty Lestarina Barus Universitas Negeri Medan

Keywords:

Gramatikal, Cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan kohesi gramatikal dan bentuk-bentuknya pada cerpen cinta yang tak pernah mati karya Agus Noor. Dalam penelitian ini analisis difokuskan pada pola pembentukan kohesi gramatikal cerpen yang meliputi penyulihan, elipsis, dan konjungsi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif karena tujuan penelitian ini merupakan pendeskripsian pola kohesi gramatikal sebuah cerpen. Sumber data yang didapat dari penelitian ini berasal dari isi cerpen “Kopi dan Cinta yang tak Pernah Mati” karya Agus Noor dengan cara mencermati, membaca, dan menelaah setiap kata-kata yang terdapat dalam cerpen secara berulang-ulang agar analisis yang diperoleh bersifat konkret.

 

References

Bella Febrianti, Elva Suastriana, Eti Reminiyar.2020. Analisis Gramatikal pada Karangan Cerpen Siswa Kelas XI IPS SMA Wisuda Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol.1 No.2 2020.

Chaer Abdul.2020. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia.Jakarta:Rineka Cipta.

Julisah Izar, Rengki Afria, dan Dimas Sanjaya. Analisis Aspek Gramatikal Dan Leksikal Pada Cerpen Ketek Ijo Karya M. Fajar Kusuma. Sastra Indonesia, Faultas Ilmu Budaya Universitas Jambi. Jurnal Ilmu Humaniora.

Norvita Rohmawaty dkk. Analisis Aspek Gramatikal dan Leksikal pada Cerpen “Filosofi Kopi” karya Dee Lestari. Universitas PGRI Madiun.

Downloads

Published

2021-06-19

How to Cite

Siregar, H., Sahara, A. I., Sitanggang, J. M., & Barus, F. L. (2021). ANALISIS GRMATIKAL PADA CERPEN KOPI DAN CINTA YANG TAK PERNAH MATI KARYA AGUS NOOR. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 41–45. Retrieved from http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/102

Issue

Section

Articles