KESALAHAN FONOLOGI PADA PENDERITA AFASIA BROCA PASCASTROKE DALAM TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK

Authors

  • indri purnamasari Universitas Balikpapan
  • Indah Ika Ratnawati Universitas Balikpapan
  • Nurliani Maulida Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v1i1.12

Keywords:

afasia broca, pascastroke, psikolinguistik, fonologi

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai kesalahan fonologi pada penderita Afasia Broca Pascastroke. Objek penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbahasa penderita pascastroke yang mengalami gangguan berbahasa (afasia). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan fonologi yang muncul terhadap tuturan yang diucapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data penelitian ini adalah tuturan, dialog atau percakapan yang mengandung kesalahan fonologinya. Sumber data penelitian ini berupa tuturan, dialog atau percakapan objek penelitian.. Pengumpulan data berupa studi lapangan dengan menggunakan metode simak dengan teknik sadap sebagai teknik dasarnya, pada lanjutan pengumpulan data penelitian menggunakan teknik lanjutan yang terdiri dari simak bebas libat cakap (SBLC), rekam dan catat. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang ditunjang dengan catatan lapangan dan kartu data. Teknik yang digunakan dalam pemeriksaan keabsahan data adalah triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis data kualitatif menurut Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh 2 kesalahan kemampuan berbahasa Indonesia dalam ranah fonologi, yaitu: sulit fonem dan perubahan fonem, baik vokal maupun konsonan pada suatu kata yang diujarkan.

References

Athoillah, Ahmad Saifi. Kemampuan Berbahasa Indonesia Penderita Afasia Broca Pascastroke di RSUD Gambiran Kediri: Analisis Fonologi, Morfologi, dan Sintaksis, Skripsi, Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Airlangga. Surakarta. 2014.
Chaer, Abdul, 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. 2005. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Ibrahim. 2015. Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Kusumoputro, S dan Lily Sidiarto, 2009. Afasia: Gangguan Berkomunikasi Pascastroke Otak. Jakarta: Universitas Indonesia.
Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, Dan Tekniknya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Moleong, J, Lexy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur, 2008. Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sastra, Gusdi. 2011. Neurolinguistik: Suatu Pengantar. Bandung: Alfabeta.
Setyawati, Nanik, 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuatitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Downloads

Published

2018-06-07

How to Cite

purnamasari, indri, Ratnawati, I. I., & Maulida, N. (2018). KESALAHAN FONOLOGI PADA PENDERITA AFASIA BROCA PASCASTROKE DALAM TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK. Jurnal Basataka (JBT), 1(1), 30–36. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i1.12

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)