ANALISIS KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE-LIYE

Authors

  • Raras Hafiidha Sari Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.149

Keywords:

Tokoh, Kepribadian, Psikologi Sastra

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis secara kritis salah satu novel karya Tere Liye yang banyak memiliki karakteristik penokohan yang memiliki dinamika dalam kepribadiannya seperti dinamika kepribadian tokoh utama yang dibahas dengan pendekatan psikologi kepribadian dengan kajian psiko behaviour untuk menganalisis kepribadian tokoh utama dalam novel. Latar belakang dalam memilih novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere-Liye sebagai objek penelitian adalah karena karya-karya Tere-Liye merupakan karya yang selain memiliki kandungan moral, juga di dalam novel ini memiliki banyak permasalahan yang kompleks sehingga mempengaruhi perilaku tokoh utama tersebut, seperti: faktor lingkungan sekitar yang membentuk perilaku tokoh dan pujian dari orang yang disukai dapat menimbulkan gejolak perubahan karakter, serta gejala-gejala perilaku tokoh yang berkaitan dengan kepribadian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif induktif, yaitu prosedur yang menghasilkan data-data tertulis atau lisan tentang orang-orang dan perilaku yang diamatinya. Dalam analisis tersebut ditemukan bahwa pendekatan yang paling relevan dan efektif dalam menganalisis unsur yang dominan pada tokoh utama dalam teks novel ini adalah menggunakan pendekatan psikologi sastra khususnya psikologi kepribadian. Langkah analisis teks secara intrinsik dalam alur, tokoh, tema dan cerita. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebuah perilaku yang mencerminkan sebuah kepribadiannya dapat dianalisis dengan psikoanalisis dengan pendekatan teori kepribadian. Tokoh yang terdapat dalam novel menunjukkan bahwa situasi lingkungan dan keberadaan tokoh lain berpengaruh pada aspek perilakunya sehingga ketika dianalisis sebenarnya sebuah perilaku yang sederhana sebenarnya memiliki sebuah keunikan dalam kepribadiannya.

References

Aminuddin.1990. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Alwisol. 2008. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Djokosujatno Apsanti dkk, 2003. Psikoanalisis dan Sastra, Jakarta: PPKBLPUI.

Daniati, D., Prasetya, K. H., & Musdolifah, A. (2019). Analisis Sosok Laisa Dengan Kajian Semiotik Ferdinand De Saussure Pada Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Kompetensi, 12 (1), 1-11.

Endraswara Suwardi, 2008, Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: FBS,UNY.

Minderop, Albertine. 2005. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Newton. K.M, 1990, Menafsirkan Teks, Semarang: IKIP Semarang.

S.Hall Calvin dkk, 1993, Teori-Teori Holistik (Organismik-Fenomenologis). Yogyakarta: Kanisius.

Semi, Attar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Siswantoro, Wahyudi. 2005. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Tere-Liye, 2010, Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin. Jakarta: Gramedia.

Teeuw, A.1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia.

Wellek, Rene, dan Austin Warren.1990, Teori Kesusastraan, terjemahan Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Sari, R. H. (2022). ANALISIS KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE-LIYE. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 93–100. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.149

Issue

Section

Articles