MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Pebrianti Manurung Universitas Prima Indonesia
  • Dama Yanti Natalia Harefa Universitas Prima Indonesia
  • Christin Agustina Purba Universitas Prima Indonesia
  • Ati Rosmiati STKIP Usman Safri Kutacane

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.185

Keywords:

Manajemen Pembelajaran, Minat Belajar, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Observasi, wawancara, pendokumentasian, dan pembentukan kesimpulan adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan siswa adalah subjek studi. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan/pengendalian adalah empat fungsi manajemen yang digunakan untuk menganalisis pengel-olaan proses pembelajaran pasca Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Budi Setia di Medan dapat menjalankan empat fungsi mana-jemen proses pembelajaran meskipun terdapat beberapa tantangan. Penerapan sistem kurikulum darurat Covid-19, di mana jam pelajaran dipercepat, merupakan salah satu pembeda antara proses pembelajaran di masa pandemi dan pascapandemi Covid-19. di SMP Budi Setia Medan menerapkan praktik kesehatan merupakan komponen penting dari pengajaran.

References

Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 189-198.

Faishol, R., Hudaa, S., Wilsa, A. W., Prasetya, K. H., & Musdolifah, A. (2021). Management of Information and Communication Technology (ICT) Learning Packages. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Monterrey (Vol. 3, No. 5, pp. 1045-1060).

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).

Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran berorientasii standar pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2006).

Sihotang, Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan Pertama), (Jakarta: PT. Pradnya Paramitha, 2007).

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif. (Bandung. Alfabeta 2017).

Susilo Martayo, Manajemen Sumber Daya Manusia (Yogyakarta: BPPFE, 1980), h. 3.

Yamin & Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas, (Jakarta: Gaung Persada, 2012), hal. 9.

Zuhairini, dkk., Metodologi Pendidikan Agama (Jakarta: Ramadhani, 1993).

Syahrani, S. (2022). Model Kelas Anwaha Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Masa Covid 19. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6 (1), 38-47.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Manurung, P., Harefa, D. Y. N. ., Purba, C. A. ., & Rosmiati, A. . (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI COVID-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 258–268. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.185