KESULITAN BELAJAR MAHASISWA DAN UPAYA MENGATASINYA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Authors

  • Akbar Avicenna Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.209

Keywords:

Kesulitan Belajar, Layanan, Intensif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan jenis-jenis kesulitan belajar, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar yang dialami oleh mahasiswa, dan upaya-upaya mengatasinya. Jenis penelitian berupa deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), FKIP UNISMUH Makassar. Fokus penelitian pada mahasiswa semester V, khususnya yang memiliki nilai (prestasi) rendah dan sangat membutuhkan pemecahannya. Tiga orang mahasiswa laki-laki dan dua orang mahasiswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi, observasi, angket, wawancara mendalam, dan catatan lapangan. Hasil analisis data disimpulkan, bahwa penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh mahasiswa bersumber dari dua faktor, yaitu: (1) faktor dari dalam (internal) dan faktor dari luar (eksternal) diri mahasiswa. Upaya mengatasi kesulitan belajar, dilakukan dengan cara memberikan bimbingan intensif oleh dosen, layanan pimpinan program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, dan menjalin hubungan kerjasama dengan orang tua/wali mahasiswa.

References

Al Ghozali, M. D. H., & Sirojudin, D. (2019, November). Faktor Intern dan Faktor Ekstern Sebagai Penyebab Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Mahasiswa PAI Di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tahun Akademik 2018/2019. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 2, No. 1, pp. 47-56).

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, B., Suryani, Y. E., & Setiadi, D. B. P. (2017). Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Litera, 16 (1).

Irrubai, M. L. (2014). Kesulitan Belajar yang Dihadapi oleh Mahasiswa dan Solusinya. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 14 (1).

Ma’rifah, D. R. (2017). Diagnosis kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3 (1), 88-94.

Mahmuddin, M. (2018). Implementasi Prinsip-prinsip Pembelajaran dalam mengatasi Kesulitan Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik di SD Negeri 7 Baranti (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Safitri, R. (2019). Usaha Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Sormin, A. S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3 (2), 217-234.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.

Yasin, M., & Netriwati, N. (2019). Analisis Kesulitan Belajar: Dampak Latar Belakang Kejuruan ditinjau dari Proses Pembelajaran Matematika Perguruan Tinggi. Desimal: Jurnal Matematika, 2 (1), 59-67.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Avicenna, A. . (2023). KESULITAN BELAJAR MAHASISWA DAN UPAYA MENGATASINYA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 75–90. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.209

Issue

Section

Articles