GANGGUAN BERBICARA CADEL AKTOR ZACKY DAUD ZIMAH DALAM ACARA RUMPI NO SECRET TRANS TV: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

Authors

  • Suwandi Suwandi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • R. Panji Hermoyo Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.222

Keywords:

Gangguan Berbicara, Cadel, Psikolinguistik

Abstract

Penelitian ini mengangkat gangguan berbicara cadel aktor Zacky Daud Zimah dalam acara Rumpi No Secret Trans TV. Seorang Zacky Daud Zimah terkenal kecadelannya dalam melafalkan fonem /r/ yang terdengar /l/.  Tujuan penelitian yaitu mengidentifikasi dan mendeskripsikan bunyi tuturan pada penderita cadel Zacky Daud Zimah dalam acara Rumpi No Secret Trans TV. Batasan operasional dalam penelitian yakni mengidentifikasi dan mendeskripsikan tuturan Zacky Daud Zimah selaku penderita cadel pada ranah ketidaksempurnaan perubahan bunyi asimilasinya. Sumber data yang digunakan yakni acara Rumpi No Secret Trans TV yang dipandu oleh Feni Rose dengan bintang tamu aktor Zacky Daud Zimah. Sedangkan data dalam penelitian yaitu tuturan yang diucapkan oleh Zacky Daud Zimah selaku penderita cadel. Data diperoleh dengan teknik simak kemudian ditranskipkan ke bentuk wacana tulis dan dianalisis dengan bantuan korpus data serta teori ketidaksempurnaan perubahan bunyi asimilasi sebagai sandarannya. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa tuturan cadel yang diucapkan oleh Zacky Daud Zimah ditemukan 24 target tuturan dalam acara Rumpi No Secreet Trans TV. Ditemukannya 24 target tuturan, teridentifikasinya fonem /r/>/rl/=/l/ sebanyak 19. Menginggat dalam acara Rumpi No Secret Trans TV, Zacky Daud Zimah lebih sering mengucapkan fonem /r/ pada kata, morfem bebas, maupun morfem terikat yang terletak di tengah. Sedangkan teridentifikasinya fonem /r/>/l/=/l/ sebanyak 5. Menginggat dalam acara Rumpi No Secreet Trans TV, Zacky Daud Zimah jarang mengucapkan fonem /r/ pada kata, morfem bebas, maupun morfem terikat yang terletak di tengah melainkan di akhir.

References

Arifin, E. Zainal, dkk. 2015. Asas-asas Linguistik Umum. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Enslikopedia Dunia. dalam pranala: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Zacky_Zimah.

Garner, Bryan A. 2009. Language and Writing. Chicago: American Bar Association.

Gunawan, Robbi dan Yuanita, Arie. 2022. Gangguan Berbicara Psikogenik dalam Acara Ini Talk Show: Rajinnya Mpok Atiek Menjaga Penampilan. Jurnal Pena Indonesia: Vol.8, No.2, Oktober. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Harras, Kholid A dan Bachari, Andika Dutha. 2009. Dasar-dasar Psikolinguistik. Bandung: Universititas Pendidikan Indonesia Press.

Hermoyo, R. Panji. 2014. Jurnal Pedagogi Pendidikan Anak Usia Dini: Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi PAUD: Vol.1, No. 1, Agustus. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Rumpi No Secret Trans TV. 2023. dalam pranala kanal Youtube: https://youtu.be/zsdlUT56vI8.

Laksmidewi, Ayu Putri. 2018. Gangguan Otak yang Terkait dengan Komunikasi. dalam Seminar dan Workshop Nasional Assesment Klinis dan Managemen Afasia Dewasa serta hubungan terhadap Gangguan Bahasa Neurogenik. Bali: E-Repository Universitas Udayana.

Mahsun. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Press.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Mansur. 2014. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Phasa, Hidayah Nuril. 2022. Gangguan Psikogenik Latah Gary Iskak: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Mimesis: Vol.3, No.2, Juli. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Purnamawati, Indri, dkk. 2018. Kesalahan Fonologi pada Penderita Afasia Broca Pascastroke dalam Tinjaun Psikolinguistik. Jurnal Basataka: Vol.1, No.1, Juni. Balikpapan: Universitas Balikpapan.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulfa, Maria. 2020. Disartria: Gangguan Berbicara. Bengkulu: Elmarkazi Publisher.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Suwandi, S., & Hermoyo, R. P. (2023). GANGGUAN BERBICARA CADEL AKTOR ZACKY DAUD ZIMAH DALAM ACARA RUMPI NO SECRET TRANS TV: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 59–64. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.222

Issue

Section

Articles