PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENELITIAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS PENGUATAN KONSEPTUAL

Authors

  • Vrestanti Novalia Santosa IKIP Budi Utomo Malang

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.88

Keywords:

Pengembangan, Buku Ajar, Penguatan Konseptual, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada problematika mahasiswa PBSI dalam perbedaan konsep antara penelitian pembelajaran Bahasa Indonesia, penelitian pembelajaran Sastra Indonesia, penelitian Bahasa Indonesia, dan penelitian Sastra Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan buku ajar matakuliah Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia; (2) Mendeskripsikan tingkat kelayakan buku ajar matakuliah Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia; (3) Mendeskripsikan keefektifan hasil pengembangan buku ajar matakuliah Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dengan produk buku ajar lainnya terletak pada kedetailan dalam memadukan dua hal yang berlainan menjadi satu kesatuan yang berkesinambungan. Buku ajar yang dihasilkan mengenalkan target SHSB. Simpulan: (1) pengembangan buku ajar berbasis SHSB tepat diterapkan pada matakuliah Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia; (2) uji coba materi diperoleh proporsi sebesar 87%, uji coba penyajian buku sebesar 90%, uji coba kebahasaan sebesar 95%. Dengan demikian, buku ajar matakuliah Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis SHSB layak digunakan; (3) kelayakan buku ajar berbasis SHSB berimplikasi terhadap keefektifan buku ajar yang dihasilkan melalui aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Dengan demikian, buku ajar matakuliah Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis SHSB layak digunakan; (3) kelayakan buku ajar berbasis SHSB berimplikasi terhadap keefektifan buku ajar yang dihasilkan melalui aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Dengan demikian, buku ajar matakuliah Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis SHSB layak digunakan; (3) kelayakan buku ajar berbasis SHSB berimplikasi terhadap keefektifan buku ajar yang dihasilkan melalui aktivitas dan hasil belajar mahasiswa.

References

Ahmad, Zainal Arifin. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Ahmadi, Lif, K., & Amri. 2017. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Andi, Prastowo. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: A-Ruzz Media.
AR, Syamsuddin & Damaianti, Vismaia S. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin, Syamsul. 2015. Sukses Menulis Buku Pendidikan Tinggi. Surabaa: P3AI ITS.
Borg, W.R. and M. D. Gall. 1983. Educational Research. Allyn and Bacon. United States of America.
Edwar, Rahmi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Padang: Universitas Negeri Padang.
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, model, teori, dan aplikasi. Yogyakarta: CAPS.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mujiarti, Lia. 2014. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Kenampakan Alam dan Buatan Kelas V Semester 1 MI Islamiyah Jatisari Nganjuk. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim. Skripsi: tidak diterbitkan.
Marleni, Lusi & Asilestari, Putri. 2017. Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Speaking Berbasis Media Sosial di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Kab. Kampar: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. PDP.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cetakan kesebelas. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Santosa, V. N. (2020). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENELITIAN PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS PENGUATAN KONSEPTUAL. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 66–72. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.88