SEMIOTIKA ULOS DALAM UPACARA KEMATIAN ADAT BATAK TOBA DI KECAMATAN SIBORONGBORONG

Authors

  • Rismar Wahyu Universitas Prima Indonesia
  • Darni Uli Mega Putri Tambunan Universitas Prima Indonesia
  • Yuni Veronika Saragih Universitas Prima Indonesia
  • Dian Syahfitri Universitas Prima Indonesia

Keywords:

Semiotika, Ulos, Suku Batak Toba

Abstract

Ulos merupakan salah satu ciri khas dari suku Batak Toba. Ulos digunakan dalam setiap upacara adat Batak Toba. Penelitian ini berfokus pada ulos yang digunakan dalam upacara kematian Adat Batak Toba yaitu Ulos Tujung dan Ulos Saput di Kecamatan Siborongborong. Penelitian ini bertujuan untuk mengajak kaum milenial agar lebih peduli terhadap budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data. Maka dari itu penulis meneliti makna semiotik yang terkandung dalam Ulos Tujung dan Ulos Saput dengan teknik analisis Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh oleh peneliti bahwa ulos tidak dapat dipisahkan dari kehidupan suku Batak Toba di Kecamatan Siborongborong. Ulos Tujung ini dipercayai oleh Suku Batak Toba sebagai lambang kesedihan dalam upacara kematian. Ulos Saput juga digunakan dalam upacara kematian adat Batak Toba. Ulos ini adalah ulos yang menyelimuti jenazah yang dibawa sampai ke liang lahat. Ulos Tujung dan Ulos Saput memiliki nilai-nilai yang dipercayai oleh suku Batak Toba di Kecamatan Siborongborong yaitu nilai berkat, nilai kasih sayang, nilai penghormatan, nilai kepercayaan dan nilai harapan.

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Eco, Umberto. 1979. A. Theor of Semiotics. Bloomington: Indiana Universty Press.

Moleong, L, J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Roadakarya.

Koejaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi 1.Jakarta: UI Press.

Pradopo, Rachmat Djoko, dkk. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya.

Bungin. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zoest, Van, Art. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara kerjanya dan Apa yang Kita Lakukan Denganya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Wahyu, R., Tambunan, D. U. M. P. ., Saragih, Y. V. ., & Syahfitri, D. . (2021). SEMIOTIKA ULOS DALAM UPACARA KEMATIAN ADAT BATAK TOBA DI KECAMATAN SIBORONGBORONG. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 147–152. Retrieved from https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/129

Most read articles by the same author(s)