MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALIKPAPAN

Authors

  • Elis Asnafiah SMP Negeri 2 Balikpapan

Keywords:

Motivasi, Teks Deskriptif, Media Gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis Descriptive Text  dengan media gambar pada siswa kelas VIII-6 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 2 Balikpapan.  Subyek penelitian tindakan kelas ini  adalah siswa kelas VIII-6 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat komponen pada tiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), dan tes menulis Descriptive Text. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Kriteria keberhasilan dilihat dari proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasar pada peningkatan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian KKM dan nilai siswa yang lebih baik. Peningkatan kualitas proses terlihat pada aktivitas siswa dalam pembelajaran yang terlihat dari kondisi siswa yang lebih aktif bertanya, lebih antusias, dan lebih mandiri. Peningkatan kualitas proses berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis Descriptive Text siswa kelas VIII-6 Tahun Pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 2 Balikpapan. Hal tersebut terlihat pada hasil tes menulis Descriptive Text dari pratindakan hingga siklus II. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa 64,5, siklus I 69,5, dan siklus II 76,5. Dengan demikian, keterampilan menulis deskripsi siswa kelas VIII-6 Tahun Pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 2 Balikpapan mengalami peningkatan, baik proses maupun produk, setelah dikenai tindakan dengan media gambar.

References

Angkowo R. dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Arief S. Sadiman, (2006). Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, Desmike Putri, dkk. 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2005. Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Digandakan oleh Kegiatan Pengambangan Sistem dan Pengendalian Program SMP.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Bahasa.

Finoza, Lamuddin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi.

Gagne. Robert M, 1989. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (terjemah Munandir). PAU Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.

Handoyo, Budi, dkk. 2004. Pendidikan IPS SD Terpadu. Berbasis Kurikulum 2004/Kompetensi. Geo Spektrum Press.

Sardiman, A.M (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Semi.M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya

Uzer, Usman M, 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Asnafiah, E. (2021). MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALIKPAPAN. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 85–92. Retrieved from https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/130