MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALIKPAPAN
Keywords:
Motivasi, Teks Deskriptif, Media GambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis Descriptive Text dengan media gambar pada siswa kelas VIII-6 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 2 Balikpapan. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII-6 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat komponen pada tiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), dan tes menulis Descriptive Text. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Kriteria keberhasilan dilihat dari proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasar pada peningkatan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian KKM dan nilai siswa yang lebih baik. Peningkatan kualitas proses terlihat pada aktivitas siswa dalam pembelajaran yang terlihat dari kondisi siswa yang lebih aktif bertanya, lebih antusias, dan lebih mandiri. Peningkatan kualitas proses berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis Descriptive Text siswa kelas VIII-6 Tahun Pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 2 Balikpapan. Hal tersebut terlihat pada hasil tes menulis Descriptive Text dari pratindakan hingga siklus II. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata siswa 64,5, siklus I 69,5, dan siklus II 76,5. Dengan demikian, keterampilan menulis deskripsi siswa kelas VIII-6 Tahun Pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 2 Balikpapan mengalami peningkatan, baik proses maupun produk, setelah dikenai tindakan dengan media gambar.
References
Angkowo R. dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.
Arief S. Sadiman, (2006). Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayu, Desmike Putri, dkk. 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2005. Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Digandakan oleh Kegiatan Pengambangan Sistem dan Pengendalian Program SMP.
Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Bahasa.
Finoza, Lamuddin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi.
Gagne. Robert M, 1989. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (terjemah Munandir). PAU Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.
Handoyo, Budi, dkk. 2004. Pendidikan IPS SD Terpadu. Berbasis Kurikulum 2004/Kompetensi. Geo Spektrum Press.
Sardiman, A.M (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Semi.M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya
Uzer, Usman M, 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.