ANALISIS NILAI-NILAI RELIGIUS, MORAL, DAN BUDAYA PADA NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJK KARYA HAMKA SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.147Keywords:
Nilai Religius, Nilai Moral, Nilai Budaya, NovelAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai religius, moral, dan budaya pada novel tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka. Karya sastra merupakan seni yang dihasilkan dari ide-ide kreatif guna mengungkapkan halhal yang terjadi di muka bumi melalui media bahasa dan sastra yang luwes dan selaras. Karya sastra melahirkan banyak media. salah satu karya sastra fiksi yang banyak mengandun nilai pengajaran adalah novel Tenggelamnya Kapan Van Der Wijck Karya Hamka. Nilai religius, moral dan budaya yang ditemui dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck memiliki kesinambungan dalam relevansinya bahan ajar di Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini memiliki nilai religius, moral dan budaya.
References
Aisah. 2017. Nilai Religius Pada Novel Kubah Karya Ahmad Tohari Tinjauan Sosiologi Sasta Dan Implementasinya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra Di SMA N 2 Sukoharjo. Skripsi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan.
Mulyani, Tita., dan Hana, Yunansah. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan kemampun Literasi Matematika, sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Oktaviana, Elza. 2018. “Analisis Akhlak Tokoh Utama dalam Novel Sujudku Yang Tersembunyi Karya Garina Adelia”. Skripsi. Padang. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Rahmah Novianti, 2019. Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: Universitas Negeri Jakarta).
Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.
Wicaksono, Andri. 2018. Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan. Singkat). Yogyakarta: Garudawacha.
Yudhi, Damyati. 2017. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Pres.