PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL MATERI TEKS FABEL DI KELAS VII SMP: STUDI ANALISIS KEBUTUHAN

Authors

  • Diana Nurhayati Universitas Ahmad Dahlan
  • Hermanto Hermanto Universitas Ahmad Dahlan
  • Riswanda Himawan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.170

Keywords:

Pengembangan, Modul Digital, Teks Fabel

Abstract

Bahan ajar merupakan seperangkat bahan tersusun sistematis sedemikian rupa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran secara nyaman. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan salah satu guru Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta, didapatkan hasil bahwa selama proses pembelajaran materi teks fable, guru sebagai fasilitator pembelajaran masih menggunakan bahan ajar berupa buku teks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu terdapat lima tahap pengembangan yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa wawancara dan angket. Wawancara dilakukan kepada Guru dan peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta dan SMP PIRI Yogyakarta. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan didapatkan hasil bahwa selama ini Guru sebagai fasilitator pembelajaran belum menerapkan modul digital yang telah disesuaikan dengan perkembangan zaman dalam pembelajaran teks fabel di kelas VII, peserta didik belum pernah dihadirkan modul digital sebagai bahan ajar penunjang mata pelajaran teks fabel.

 

References

E, Kokasih. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Diedit oleh Bunga Sari Fatmawati. 1ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, Agung Widhi dan Zarah Puspitaningtyas. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Diedit oleh W Agung Kurniawan. 1ed. Yogyakarta.

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan, 3(1), 100–106.

Laila, R., Sawitri, Y., Marta, Y. M. V., & Yanti, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Pengertian Jenis Jenis Dan Karakteristik Bahan Ajar Cetak Meliputi Handout, Modul, Buku. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Fabel Berbasis Kearifan Lokal Pada Kels VII SMP Negeri 1 Raya Kabupaten Simalungun. Paper Knowledge Toward a Media History of Documents, 3, 32–43.

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.

Prabowo, Danu Priyo. 2004. Antalogi Cerita Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Jakarta: Pusat Bahasa.

Rahmayanti, Dwi Marista dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menemukan Hal-Hal Menarik Tentang Tokoh Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Kediri. Jurnal Bahasa, Seni dan Pengajaran, (2) 2, 34-35.

Rahmawati, Ida Sari dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, (1) 7, 1323-1329.

Ratri, Bebryana. 2017. “Pengembangan Modul Pembelajaran Teks Fabel Berbasis Komik untuk Siswa Kelas VII”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan

Saputro, Dafik. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Fabel Berbasis Komik Untuk Siswa SMP Kelas VII.” Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALVABETA, CV.

Sugiyono. 2019. Penelitian Kuantitafif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Nurhayati, D. ., Hermanto, H., & Himawan, R. (2022). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL MATERI TEKS FABEL DI KELAS VII SMP: STUDI ANALISIS KEBUTUHAN. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 424–429. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.170