HUBUNGAN ANTARA KEGELISAHAN MEMBACA DENGAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS VII SMPN 7 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.180Keywords:
Kegelisahan Membaca, Membaca Pemahaman, Pemahaman TeksAbstract
Penelitian ini akan membandingkan pemahaman dan kesenangan membaca. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain hubungan untuk menganalisis antara dua variabel (kegelisahan membaca dan membaca pemahaman). Dalam mengumpulkan data, angket digunakan untuk untuk menyelidiki tingkat dan potensi penyebab kegelisahan membaca. Selain itu, dalam mengumpulkan data, peneliti membuat tes membaca pemahaman. Sumber kegelisahan membaca adalah gelisah ketika menentukan pokok isi teks dalam setiap paragraf dan masih perlu berlatih memahami isi puisi. Temuan penelitian, menggambarkan hubungan negatif antara kegelisahan dan pemahaman yang artinya semakin tinggi tingkat kegelisahan membaca semakin rendah skor membaca pemahaman dan sebaliknya semakin tinggi tingkat skor membaca pemahaman semakin rendah tingkat kegelisahan membaca.
References
Badara, Aris. "The Relationship between anxiety level and foreign language learners’ reading comprehension." ." International Symposium on Social Sciences, Education, and Humanities volume 306 (2019): 49-53.
Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 189-198.
Ghaith, Ghazi M. Foreign language reading anxiety and metacognitive strategies in undergraduates' reading comprehension. Issues in Educational Research, 2020, 30.4: 1310-1328.
Mardianti, Nunung, Primardiana Hermilia Wijayati, and Nurul Murtadho. "The Correlation between Students' Reading Anxiety and Their Reading Comprehension in ESP Context." International Journal of Language Education 5.2 (2021): 15-29.
Nety, N., & Arisman, R. (2021). The Students Reading Anxiety and Reading Strategies at SMP Negeri 4 Baubau. English Education Journal.
Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (1), 1019-1027.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6(6), 10067-10078.
Subakti, H., Handayani, E. S., Salim, N. A., Prasetya, K. H., & Septika, H. D. (2022). Analysis of Students’ Learning Outcomes Attention Deficit Hyperactivity Disorder in Indonesian Learning at Elementary School in Samarinda City. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14 (2), 1933-1938.