PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT KARO DAN POTENSI SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP

Authors

  • Novita Sari Sinambela Universitas Prima Indonesia
  • Amelya Br Surbakti Universitas Prima Indonesia
  • Sadieli Taleumbanua Universitas Prima Indonesia
  • Trisman Harefa Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.182

Keywords:

Pendidikan Karakter, Cerita Rakyat Karo, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan dari hasil penelitian ini adalah untuk menemukan aspek dan potensi mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahan ajar khususnya untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMP).  Metode untuk memperoleh hasil tersebut terdiri dari observasi dan metode wawancara yang dilakukan selama wawancara untuk mendapatkan hasil data dunia nyata dengan menggunakan spreadsheet. Salah satu cara menggunakan penelitian untuk mendapatkan hasil adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif. Dari hasil yang diperoleh, peneliti mendapatkan tiga bentukan karakter dari cerita rakyat Karo Nande, Shi Megege Elda dan Si Belenga Kuni, meliputi aspek toleransi, tanggung jawab dan religi.

References

Bungin, Burhan. 2013. Metode Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-Format Kuantitatif

Dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasara Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media

Goup.

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. . (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (03), 521-527. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1917.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurcahyani, D., Maulida, N., & Prasetya, K. H. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama Guru Honorer Dalam Komik Pak Guru Inyong Berbasis Webtoon Karya Anggoro Ihank. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 35-40.

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1019-1027.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.

Sinulingga, dkk. 2019. Cerita Rakyat Karo. Penerbit Balai Bahasa Sumatera Utara

Werren & Wellek, 2014. Perkembangan Psikologi Tokoh Utama Dalam Roman Le Desert Del’ Amour Karya Francois Mauriac: Tinjauan Psikologi Individual Alfred Adler, lib.unnes.ac.id/.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Sinambela, N. S., Surbakti, A. B. ., Taleumbanua, S. ., & Harefa, T. . (2022). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT KARO DAN POTENSI SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 328–332. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.182