EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA SISWA SMP BUDI SETIA PASCA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.200Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran, Literasi Digital, Pasca Pandemi Covid–19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar siswa dengan berbasis literasi digital di SMP Budi Setia, untuk mengetahui perilaku siswa pada pembelajaran pasca pandemi covid–19. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipasi pasif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi, teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Budi Setia Medan pembelajaran berbasis literasi digital pasca pandemi covid-19 dapat dicapai dengan baik meskipun terdapat beberapa tangtangan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan pembelajaran berbasis literasi digital berperan penting dalam proses pembelajaran di SMP Budi Setia.
References
Ardianti, Cintia. Moderasi Literasi Digital Terhadap Pengaruh Work From Home Pada Produktivitas Pegawai UIN Sunan Ampel Surabaya. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2022.
Arfiati Ulfa Utami, Ulfa. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Kiprah 8.2 (2020).
Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 189-198.
Gusty, Sri, et al. Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Nur, Zulfikah. Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 Di MTS Negeri 1 Makassar. Educandum 8.1 (2022): 121-128.
Safitri, Pebri. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 10 Pekanbaru. Diss. Universitas Islam Riau, 2020.
Sari, Vivit Kumala. Problem pembelajaran biologi daring siswa Kelas XI pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri Kota Jepara.
Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1), 13-24.
Sitinjak, Labora, and Apriyanus Umbu Kadu. Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester IV Akper Husada Karya Jaya Tahun Akademik 2015/2016. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya 2.2 (2016).
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.
Triana, Rafika. Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Kota Bandung Yang Dipengaruhi Oleh Implementasi Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dan Implementasi Pengendalian Internal (Survey Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kota Bandung). Diss. Universitas Komputer Indonesia. 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rut Bidiyana Br. Depari, Peronika Harianja, Christin Agustina Purba, Kiftian Hady Prasetya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.