PENILAIAN TEMAN SEJAWAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MERANCANG PEMBELAJARAN DALAM KELAS PEMBELAJARAN MIKRO
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.205Keywords:
Penilaian Teman Sejawat, Pembelajaran Mikro, PembelajaranAbstract
Rencana pembelajaran merupakan panduan pelaksanaan pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan secara efektif. Karena itu kemampuan merencanakan pembelajaran harus diajarkan sejak seseorang masih menjadi mahasiswa guru. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa guru dalam merancang RPP adalah melalui penilaian rekan sejawat. Melalui penilaian rekan sejawat, mahasiswa memberikan penilaian dan masukan terhadap produk RPP yang dihasilkan rekannya, kemudian digunakan untuk melakukan perbaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana upaya peningkatan kemampuan merancang RPP dalam mata kuliah pembelajaran mikro melalui penilaian teman sejawat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi dokumen Rencana Pembelajaran Semester (RPS), wawancara menggunakan angket, dan penilaian hasil belajar menggunakan rubrik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian teman sejawat meningkatkan kompetensi mahasiswa guru dalam merancang pembelajaran yang terlihat dari peningkatan mutu RPP setelah penerapan penilaian teman sejawat. Adapun upaya yang dilakukan yaitu: 1.) Review konsep dasar perencanaan pembelajaran; 2.) Membagi mahasiswa dalam kelompok kecil yang heterogen; 3.) Menilai rekan sejawat secara bertahap dan berkesinambungan; 4.) Dosen memberikan penguatan; 5.) Mahasiswa melakukan perbaikan; dan 6.) Menilai produk akhir.
References
Ainur, F. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Tembilahan Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3842-3853. [Online]. Tersedia: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3461/2951[di akses 22 Januari 2023].
Azahra, L., Sitika, A. J., & Fauziah, D. N. (2022). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar dalam Menumbuhkan Minat Baca pada Anak di BiMBA AIUEO Margahayu Bekasi Timur. ISLAMIKA, 4 (3), 451-464. [Online]. Tersedia : https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/1975/1297. [di akses 22 Januari 2023].
Dick & Carey.(2014). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). NJ: Pearson Education Ink
Iswantoro, N. dan Suryana, Y. (2016). Kompetensi Pedagogik Untuk Peningkatan Dan Penilaian Kinerja Guru. Yogyakarta : Genta Group Production
Kishwar, M., Ahmad, A., Sheikh, S. H., & Ilyas, J. (2015). Peer assessment: An innovative tool for assessment in higher education. Pakistan Armed Forces Medical Journal, 65(2), 268-272. [Online].Tersedia : https://www.pafmj.org/index.php/PAFMJ/article/view/848/701. [di akses 14 November 2022].
Pratiwi, A. Y., Pristiwati, R., & Doyin, M. (2022). Analisis Keselarasan Komponen-Komponen RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), 54-66. [Online]. Tersedia : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/24165/12895. [di akses 22 Januari 2023].
Sadikin, A. (2020). Pembelajaran Mikro. Jambi: Salim Media Indonesia
Wiggins, G. dan Mc Tighee, J. (2005). Understanding by design (2nd Ed.). Alexandria. VA: ASCD
Yulispa, M., & Junaidi, J. (2020). Analisis Kemampuan Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(4), 246-252. [online]. Tersedia : http://sikola.ppj.unp.ac.id/index.php/sikola/article/view/44/29. (di akses 2 Desember 2022).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Destya Waty Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.