PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN

Authors

  • Josua Krismanto Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mhd Isman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hasrida Sibatuara Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.252

Keywords:

Drama, Film Pendek, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pembelajaran menulis teks drama di kelas XI ULP 1, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh siswa, seperti kesulitan dalam mengungkapkan ide-ide atau gagasan melalui tulisan, serta kurangnya keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan penggunaan teknik dan media pembelajaran yang lebih kreatif. Salah satu solusi yang diadopsi dalam penelitian ini adalah penggunaan media film pendek dalam pembelajaran. Penggunaan media dan teknologi dalam pembelajaran memiliki potensi untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks drama dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun pertunjukan drama. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar siswa. Pada tahap prasiklus, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 46,43%. Kemudian, pada siklus 1, angka tersebut meningkat menjadi 64,28%. Setelah melalui siklus 2, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat lagi menjadi 82,14%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan menulis siswa dalam menulis naskah drama dengan menggunakan media film pendek.

References

Basyiruddin, U. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Effendy, H. (2002). Mari Membuat Film Panduan Menjadi Produser. Jakarta: Yayasan Konfiden.

Evi, Fatmawati, R. R. (2017). Penggunaan Media Film Pendek Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI . Pedagogia, 513-521.

Heny Marwati, K. W. (2022). Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Iskandarwassid, D. S. (2008). Strategi Pembelajaran Sastra. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT Remaja Rosdakarya (Rosda).

Karlina, H. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama. e-Jurnal Literasi, 28.

Komaidi, D. (2011). Panduan Lengkap Menulis Kreatif Teori dan Praktek. Yogyakarta: Sabda Media.

Madya, S. (2006). Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Bandung: Alfabeta.

Megawati, L. S. (2010). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Penerapan Pembelajaran Kontekstual Tipe Pemodelan di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). FBS Undiksha, Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia.

Sadiman, A. S. (2005). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Semi, M. A. (1993). Rancangan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indoneisa. Bandung: Angkasa.

Suaka, I. N. (2004). Dinamika Kesusastraan Indonesia. Denpasar: Balai Bahasa.

Suharsimi Arikunto, d. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Waluyo, H. (2001). Drama: Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Krismanto, J., Isman, M. ., & Sibatuara, H. (2023). PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 65–74. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.252

Issue

Section

Articles