PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X- MPLB 4 SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Hara Betty MP Oppusunggu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mutiara Sany Hasibuan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.253

Keywords:

Model Pembelajaran, Project Based Learning, Keaktifan, Hasil Belajar

Abstract

  Keaktifan dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X-MPLB 4, hal ini dapat dilihat dari (1) jarangnya peserta didik bertanya maupun menanggapi pertanyaan, (2) peserta didik jarang mengkomunikasikan kesulitan yang dialami kepada guru, (3) peserta didik juga sering terlambat dalam mengumpulkan tugas. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk perbaikan keaktifan dan hasil belajar peserta didik, PTK ini terdiri dari 1 siklus, yaitu pada tahap prasiklus, peserta didik yang tuntas sebanyak 40,625%, pada siklus 1 meningkat menjadi 77,64 %. Dari hasil tersebut terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

References

Casmudi, C., & Prasetyo, K. H. (2023). Pemanfaatan Alat Komunikasi Pembelajaran Online Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP/MTs) pada Era Pendemi Covid 19. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6 (1), 558-564.

Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 189-198.

Eko Mulyadi. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY.

Made Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Martinis Yamin. (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Muhammad Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa. (2014). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rusdakarya Offset.

Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.

Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wijaya Kusumah& Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Oppusunggu, H. B. M., & Hasibuan, M. S. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X- MPLB 4 SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 139–146. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.253

Issue

Section

Articles