PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS OUTDOOR LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.256Keywords:
Hasil Belajar, Menulis Puisi, Outdoor Learning, Mind MappingAbstract
Penelitian ini berfoku pada masalah guru yang masih kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu menguji model Mind Mapping berbasis Outdoor Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa di kelas X SMK Negeri 6 Medan. Metode penelitian adalah PTK. PTK memiliki tiga ciri pokok yaitu sebagai berikut: (1) Mind mapping, (2) Kolaboratif, (3) Reflektif. RPP guru menjelaskan materi mengenai unsur-unsur dari puisi berupa tema, tipografi, rima, majas, nada, rasa dan amanat. Penerapan metode mind mapping berbasis outdoor learning dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis puisi. Peningkatan kualitas pembelajaran siswa dapat dilihat pada nilai rata-rata aktivitas siswa di dalam kelas. Pada siklus I dengan nilai rata-rata siswa 70, dan siklus 2 nilai rata-rata sebesar 86,32 dengan persentase keberhasilan pada siklus I sebesar 65% sedangkan siklus 2 meningkat hingga 100%. Peningkatan tersebut tidak terlepas dari kinerja guru dalam pembelajaran dengan memahami tingkat kecerdasan siswa, memberikan motivasi, merumuskan tujuan belajar, melaksanakan aktiviti pengajaran, melaksanakan penilaian, dan melaksanakan komunikasin interpersonal, sehingga memperoleh nilai pada siklus I sebesar 70 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan mencapai 86,32 dengan kategori sangat baik.
References
Afriyanti, Dewi, dkk. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Mind Mapping Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, Universitas Negeri Malang, 2(6), 799-805.
Ananda. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 1(1), 1-8.
Anitah, S., dkk. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Apriyanto, Dwi, dkk. (2015). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Universitas Sebelas Maret.
Buntu, Amalia., dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Biologi Di Kelas IX SMP Negeri 6 Palu. Universitas Tadulako, E- Journal Mitra Sains, 5(2), 19-28.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hidayat dan Kusmanto. (2016). Pengaruh Metode Mind Mapping dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. IAIN Syech Nurjati Cirebon, Jurnal EduMa, 2 (1), 36-46.
Hani Wardah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Universitas Pendidikan Indonesia, 1 (2), 125-137.
Jabrohim, dkk. (2009). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lombantoruan, Banget S. dan Sianipar, Juanda. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Bahan Bangunan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Lintongnihuta. Jurnal Education Building, 1 (2), 145-155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ayu Irani, Mutia Febriyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.