PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 275 JAKARTA

Authors

  • Rosa Pratama Islami Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Sugeng Riadi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.271

Keywords:

Media Gambar, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas VII dengan menggunakan media gambar berupa puzzle di SMP Negeri 257 Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar dari siklus I sampai siklus II. Peningkatan pada nilai keterampilan berbicara peserta didik yaitu siklus I peserta didik memiliki hasil 80,5 % peserta didik telah mencapai nilai tuntas dan 19,5% masih berada di bawah nilai tuntas. Pada siklus I diperoleh nilai terendah peserta didik sebesar 70 dan nilai tertinggi 92,5 serta mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 79,4. Pada siklus II mencapai nilai ketuntasan sebesar 100% peserta didik dengan nilai terendah peserta didik 80 dan nilai tertinggi peserta didik sebesar 92,5 serta mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 86,6. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpilkan bahwa penggunaan media gambar puzzle dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik dengan hasil yang signifikan.

References

Agustina, A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX SMP Melalui Media Pembelajaran Rangsang Gambar. Jurnal Bajet, 3 (1), 157–159. http://journal.unbara.ac.id/index.php/BaJET.

Asmanijar, W., & Sitepu, T. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 186-193.

Desmiyetri, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Seri Di Kelas III SDN. 14 Siguntur Muda Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 7. https://doi.org/10.29210/120182132

Indriana, N. A. (2019). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bercerita Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bogor Nganjuk. Jurnal Simki Pedagogia, 3(3).

Irani, A., & Febriyana, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Outdoor Learning Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 147-153.

Mardika, F., & Hasanah, R. U. (2020). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMP Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(1), 87. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i1.7267

Muna, E. N., Degeng, I. N. S., & Hanurawan, F. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1557. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13045

Nana, S. (2017). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Smp Melalui Penggunaan Media Daftar Kosakata. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 86–93.

Noviati, P. R. (2017). Penerapan Media Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III SDN 2 Paseh Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 47–57. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2686

Nurhuda, H. (2022). Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan National Education Problems; Factors and Solutions. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 127–137.

Prasetya, K. H., Utami, K. P., & Indriawati, P. (2024). Analysis Of Language Errors At The Morphological Level In Anecdote Text Writing Of Class X Students MP (Marketing Management) Of SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora, 8(1), 63-68.

Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora, 7(2), 824-831.

Purnamasari, T. P., Bariah, O., & Riana3, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Puzzle dalam Membaca Huruf Hijaiyyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Riadi, M. E., & Supriyono. (2014). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Kelas II SDN Jajartunggal III Surabaya. Jpgsd, 02(02), 1–11.

Saragih, K., Damanik, A. L., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi Raft (Role-Audience-Format-Topic) Pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 418-423.

Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora, 8(1), 89-94.

Situmorang, F. E., Batu, R. L., Yolanda, I., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Pada Kelas X SMK. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 388-393.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Yuswanti. (2015). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Dinggala. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(4), 185–199.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Islami, R. P., & Riadi, S. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 275 JAKARTA. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 271–281. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.271