RETORIKA POLITIK DALAM PIDATO PRESIDEN 16 AGUSTUS 2023: SEBUAH TINJAUAN ANALISIS WACANA
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.299Keywords:
Gramatikal, Leksikal, Pidato, Retorika, Presiden, WacanaAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganaliis kohesi gramatikal, lalu yang kedua bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kohesi leksikal, tujuan yang terakhir menganalisis pesan-pesan pidato presiden. Pengumpulan data dilakukan dengan metode/teknik simak dan catat, analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif . Sumber data penelitian ini berupa kalimat yang mengandung kohesi gramatikal dan kohesi leksikal yang terdapat pada teks pidato Joko Widodo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam teks pidato Joko Widodo ditemukan empat jenis kohesi gramatikal dan enam jenis kohesi leksikal. Dari kohesi gramatikal ditemukan lima jenis referensi, tiga jenis substitusi, tiga jenis elipsis, dan tiga jenis konjungsi. Dari kohesi leksikal ditemukan empat jenis repetisi, sinonim, antonim, hiponim, kolokasi, dan ekuivalensi.
References
Alwi, Hasan dkk. (2019). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ambarita, R. S. (2020). Pesan Kesetaraan Gender Dalam Pidato Emma Watson di PBB Tahun 2014. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1-11.
Arianto, A. (2018). Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dan Berbicara. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 48-62.
Agung, E. N. K., Wijayawati, D., & Pujihastuti, E. (2021). Deiksis dalam Pidato Pembina Upacara di SD Negeri Sidorejo sebagai Bahan Ajar Materi Pidato Kelas IX (Kajian Pragmatik). Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 24-31.
Agustina, L. (2017). Pemikiran Presiden Joko Widodo Dalam Pidato Sambutan (Thought the President Joko Widodo in a Greeting Speech). Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, 7(1), 80-94.
Darma, Yoce Aliah. (2020). Analisis Wacana Kritis dalam Multiperspektif. Bandung: Refika Aditama.
Halliday, MAK dan Ruqaiya Hasan. (1976). Cohesion in English. London: Longman.
Haryono, C. G. (2019). Genealogi Wacana Pada Pesan Agitatif Pidato Prabowo Subiyanto Tentang Nkri Bubar Tahun 2030. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(01), 030-048.
Irwan, I. H. Z. A. D. (2021). Lanskap Hutan Kota Berbasis Kearifan Lokal. Bumi Aksara.
Kushartanti dkk. (2020). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Kridalaksana, Harimurti. (1984). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Mulyana. (2021). Kajian Wacana: Teori, Metode, & Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Moeliono, Anton M. (1988). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho, A. (2018). Analisis Teks Pidato Mahasiswa Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia Stkip-Pgri Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 12(1), 1-14.
Prasetya, K. H. (2018). Analisis Percakapan Monolog pada Acara Stand Up Comedy Metro TV. Jurnal Basataka (JBT), 1(1), 11-21.
Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1019-1027.
Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora, 7(2), 824-831.
Ramlan, M. (2019). Paragraf: Alur Pikiran dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.
Sahra, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Pidato Persuasif Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Bagi Siswa SMP Negeri 2 Mataram. Jurnal Paedagogy, 8(4), 560-572.
Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.
Schmitt, MP dan A. Viala. (1982). Savoire Lire. Paris: Didier.
Sumarlam, M.S. (2003). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.
Tarigan, Henry Guntur. (2009). Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aslam Fauzi, Atika Sabardila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.