PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP YPM 3 TAMAN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.326Keywords:
Model Pembelajaran, PJBL, Keterampilan Menulis, CerpenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran penulisan cerpen kelas IX. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen lembar observasi, lembar wawancara, serta dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia, siswa kelas IX dan kepala SMP YPM 3 Taman Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model PjBL pada pembelajaran penulisan cerpen kelas IX mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa. Selain itu, model PjBL juga mampu meningkatkan cara berfikir kritis dan kreatif siswa kelas IX, khususnya pada pelajaran penulisan cerpen. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL pada pembelajaran penulisan cerpen mampu meningkatkan keterampilan menulis, kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas IX pada materi pelajaran penulisan cerpen.
References
Bangun, J. T., Annisa, A., & Daulay, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 53–57. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.48.
Budi, M. S., Syahrial., & Widowati, A. (2022). Penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Siswa pada Tema 4 Subtema 1 di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Kota Jambi. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1), 84-95. https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17367.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.
Hardani, Isriani dan Puspitasari, D. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep dan Implementasi. Familia.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Mahasneh, A. M., & Alwan, A. F. (2018). The Effect of ProjectBased Learning on Student Teacher Self-Efficacy and Achievement. International Journal Of Intruction, 11(3), 511–524. Retrieved from www.e-iji.net
Mihardi, S., Harahap, M. B., & Sani, R. A. (2013). The Effect of Project-Based LearningModel with KWL Worksheet on Student Creative Thinking Process in Physics Problems. Journal of Economics and Sustainable Development, 4(18), 93–107. Retrieved from www.iiste.org
Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.
Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A., (2012). Penerapan Model Poject Based Learning Dan Kooperatif Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP.
Unnes Physiscs Education Journal, 1(2257). Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upe.
Nate K. Hixson, J. R. & A. W., (2012). Extended Professional Development in Project-Based Learning. West Virginia Department of Education Office of Research. Retrieved from http://wvde.state.wv.us/.
Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif (F. Nughrahani (ed.)).
Ginting, E. S. (2020). Penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) berbantuan media gambar untuk meningkatkan kemampuan Menulis Cerita Fantasi. Journal of Education Action Research, 4(2), 240-250. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.12334.
Oppusunggu, H. B. M., & Hasibuan, M. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X- MPLB 4 SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 139–146. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.253.
Priyono, W. (2020). Pengertian Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). https://guraru.org/guru-berbagi/pengertian-pembelajaran-berbasis-proyek-project-based-learning/.
Subakti, H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Dengan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Samarinda Tahun Pembelajaran 2018 2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 1–7. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.67.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Balai Pustaka.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suyanto, E. (2012). Perilaku Tokoh dalam Cerita Pendek Indonesia. Universitas Lampung.
Tarigan, H. G. (2011). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Wena, M. (2014). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Bumi Aksara.
Yusuf, M. H., Asnimar., & Effendy, U. (2018). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Peserta Didik Kelas VB SD Negeri 11 Indralaya. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 5(2), 82-89. https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8262.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitrotin Nazidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.