ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEBIASAAN MENJIPLAK/MENIRU TUGAS TEMAN DAN MEMBOLOS PADA SISWA KELAS X E-3 DI SMAN 12 MEDAN

Authors

  • Sani Susanti Universitas Negeri Medan
  • Dilli Salsa Fira Universitas Negeri Medan
  • Indi Paska Simamora Universitas Negeri Medan
  • May Sartika Universitas Negeri Medan
  • Ruhama Girsang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.383

Keywords:

Menjiplak, Meniru Tugas, Membolos, Motivasi Belajar, Pengawasan, Lingkungan Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kebiasaan menjiplak atau meniru tugas teman dan membolos pada siswa kelas X E-3 di SMAN 12 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi serta kuesioner. Hasil penelitian mengidentifikasi beberapa faktor utama yang mendorong perilaku menjiplak dan membolos, antara lain tekanan akademis yang tinggi, kurangnya motivasi belajar, pengaruh teman sebaya, dan pengawasan yang kurang dari guru dan orang tua. Selain itu, lingkungan sekolah yang tidak mendukung dan beban tugas yang berlebihan juga berkontribusi terhadap perilaku ini. Berdasarkan temuan ini, rekomendasi diberikan kepada pihak sekolah untuk meningkatkan pengawasan dan bimbingan terhadap siswa, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif. Guru juga diharapkan dapat mengembangkan metode pengajaran yang lebih bervariasi dan menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kerjasama antara sekolah dan orang tua sangat penting untuk memantau dan membimbing siswa secara lebih efektif. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan menjiplak dan membolos, serta menawarkan solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta lingkungan belajar yang lebih positif dan mendukung perkembangan akademis dan karakter siswa di SMAN 12 Medan.

References

Fitri, M., Dahliana, D., & Nurdin, S. (2017). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menyontek Pada Siswa SMA Negeri dalam Wilayah Kota Takengon. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 2(1).

Khairat, U., Maputra, Y., & Rahmi, F. (2017). Pengaruh prokrastinasi akademik terhadap perilaku menyontek pada siswi SMA di Pesantren X. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 5(2).

Kushartanti, A. (2009). Perilaku menyontek ditinjau dari kepercayaan diri.

Lestari, A. I. (2024). Analisis Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 8 Jeneponto (Studi Kasus di SMK Negeri 8 Jeneponto).

Meydiansyah, D. Y. (2021). Fenomena Perilaku Menyontek Pada Pelajar Masa Kini Ditinjau Dari Kepercayaan Diri, Efikasi Diri, Dan Prokrastinasi: Sebuah Studi Literatur. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 245-253.

Murdianti, Y. T., & Nursalim, M. (2018). Studi Tentang Perilaku Membolos Siswa di SMP Negeri 2 Semen Puhsarang Kabupaten Kediri. Jurnal BK Unesa, 9(1), 109-116.

Nitasari, N. I. (2016). Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa Sma Al-Islam Krian Membolos Sekolah. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 4(3).

Paisal, A. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas Vii Smpn 1 Kapuas Timur (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Palupi, I. D., Hasyim, A., & Yanzi, H. (2013). Faktor- faktor yang Mempengaruhi Budaya Menyontek di Kalangan Siswa (Doctoral dissertation, Lampung University).

Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 824-831.

Prasetya, K. H., Utami, K. P., & Indriawati, P. (2024). Analysis Of Language Errors At The Morphological Level In Anecdote Text Writing Of Class X Students MP (Marketing Management) Of SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 63-68.

Pritia, E. (2021). Hubungan Self Efficacy Dan Peran Teman Sebaya Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Sma Negeri 1 Labuhan Deli.

Septika, H. D., & Wahyuni, S. E. (2021). Analisis Penanaman Karater Disiplin Siswa Sd Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 177-182.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Susanti, S., Fira, D. S., Simamora, I. P. ., Sartika, M., & Girsang, R. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEBIASAAN MENJIPLAK/MENIRU TUGAS TEMAN DAN MEMBOLOS PADA SISWA KELAS X E-3 DI SMAN 12 MEDAN. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 63–72. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.383

Issue

Section

Articles