PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X MA SAIRUN KECAMATAN BANDA KABUPATEN MALUKU TENGAH

Authors

  • Sukmawati Sulay Universitas Banda Naira
  • Mujianti La Saadi Universitas Banda Naira
  • Fadly Kasdam Universitas Banda Naira

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.422

Keywords:

Problematika, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Indonesia yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas X MA Sairun Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah pada semester Ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Data diambil dilapangan melalui model siklus pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika pembelajaran bahasa Indonesia yang terjadi pada proses pembelajaran, yaitu datanganya dari personal guru dan personal siswa. Adapun problematika yang dari personal guru, yaitu guru tidak inovasi dalam menggunakan metode/model pembelajaran dan guru belum optimal dalam kegiatan belajar mengajar. Problematika pembelajaran bahasa yang dari personal siswa, yaitu siswa tidak serius atau tidak fokus dalam mengikuti pelajaran, siswa kesulitan dalam memahami pelajaran, siswa masih menggunakan bahasa ibu dalam suasan formal, kesalahan menggunakan akronim, dan siswa menjawab tugas tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Saran yang dapat diberikan untuk mengatasi problematika yaitu, guru perlu meng-upgrade pengetahuan dan meningkatkan skil melalui pelatihan-pelatihan. Pihak sekolah, perlu meningkatkan sarana dan prasana yang memadai sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini.

References

Ginting, D. S. B., Situngkir, T. Y., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Dampak Sistem Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19 Terhadap Implementasi Proses Belajar Mengajar Di SMA Pencawan Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 246-257.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 027 Samarinda Ulu. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 81-89.

Kaharuddin, Andi. 2020. Pembelajaran Inovatif & Variatif. Pusaka Almaida.

Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 3, Nomor 01 Edisi Desember 2017 hal. 69-80.

Kurniawan, M. S, Wijayanti, O, Hawanti, S. 2020. Problematika dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa indonesia di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal. Purwakerto: PGSD Universitas Muhammadiah Purwokerto

Moeleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pardede, O. B., Inriani, N., Caniago, D. D., & Siagian, G. M. (2022). Eksplorasi Gaya Belajar Literasi Siswa Dalam Mendukung Program Merdeka Belajar. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 319-327.

Sakaria, Usman, Hasda, A. F. 2021. Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Bebasis Daring Pada Kelas XI di SMA Negeri 9 Sinjai. Jurnal. Makassar: Pendidikan dan Sastra Universitas Negeri Makassar.

Salo, E. S. 2023. Analisis Faktor Penyebab Siswa Kurang Aktif Dalam Pembelajaran Kelas IV SD Negeri 06 Sesean. Jurnal. Program Studi Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Indonesia Toraja

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6(6), 10067-10078.

Sutrisno, Apriono, D, Prastiwi, D. N. 2023. Dampak Penggunaan Bahasa Ibu Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islam, Soko, Tuban. Jurnal.

Viranti, A. S., Dalilah, D., Supena, A., & Fatmawati, T. (2023). Analisis Pembentukan Afiksasi Pada Teks Ceramah Karangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kramatwatu. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 310-318.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Sulay, S., La Saadi, M. ., & Kasdam, F. (2024). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X MA SAIRUN KECAMATAN BANDA KABUPATEN MALUKU TENGAH. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 92–98. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.422

Issue

Section

Articles