ANALISIS CAMPUR KODE DALAM NOVEL “STMJ” KARYA EVE NATKA

Authors

  • Riska Yulianti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ita Kurnia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sanya Najwa Almayda Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Felisa Putri Hariyani Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.426

Keywords:

Campur Kode, Novel STMJ, Eve Natka

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis campur kode dalam novel STMJ karya Eve Natka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode pustaka. Data penelitian diperoleh dari novel STMJ dan sumber lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis campur kode dalam novel STMJ, yaitu campur kode ke dalam dan campur kode ke luar. Campur kode ke dalam terjadi ketika bahasa lain disisipkan ke dalam bahasa Indonesia, sedangkan campur kode ke luar terjadi ketika bahasa Indonesia disisipkan ke dalam bahasa lain. Campur kode dalam novel STMJ dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan mencampurkan kata, frasa, dan klausa. Campur kode kata dan frasa lebih sering digunakan daripada campur kode klausa. Bahasa yang paling sering digunakan untuk campur kode adalah bahasa Inggris, diikuti oleh bahasa Batak. Penggunaan campur kode dalam novel STMJ memiliki beberapa fungsi, yaitu untuk menunjukkan identitas penutur, untuk mengekspresikan emosi, untuk memperkuat makna, untuk menciptakan humor, dan untuk menunjukkan kedekatan antar penutur.

References

A., R. (2019). Analisi Campur Kode dan Alih Kode Bahasa Inggris ke Dalam Bahasa indonesia pada Novel Wandu Berhentilah Menjadi Pengecut Karya Tasaro. Lingua Rima Jurnal Pendidikan Program Study Bahasa Dan Sastra Indonesia , vol 8 no 2.

Aisyah, Novita. 2019. Analisis Campur Kode pada Tayangan Sinetron Komedi “Tukang Ojek Pengkolan” Episode Maret-April 2019. Tesis. Yogyakarta: Jurusan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan.

Farouq. 2019. Analisis Peristiwa Alih Kode Dan Campur Kode Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Hasta Wiyata, 3: 78-79.

Gifelem. 2021. Analisis Campur Kode Dalam Novel “Pre Wedding Rush” (Karya Okke ‘Sepatumerah’). Jurnal J-Mace, 1: 53-65.

Masruro, Kholifatun.2020. Campur Kode Pembawa Acara Musik Breakout di Net.Tv. Jurnal BAPALA, 7.

Meylani, I. R. (2023). Analisis Campur Kode Dalam Novel “Hello Salma”.Jurnal Basataka (JBT) Universitas Balikpapan.

Noermanzah. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, Dan Kepribadian. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa indonesia Universitas Bengkulu .

R., D. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan . Jurnal tarbiyah , Vol 24 no 7.

Sari, Harmita, dan Samsinar. 2020. Analisis Campur Kode Masyarakat di Pasar Andi Tadda Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 5.

Sukmana A. A, Wardarita R. & Ardiansyah A. 2021. Penggunaan Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Acara Matanajwa Pada Stasiun Televisi Trans7. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5: 206- 221

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Yulianti, R., Kurnia, I., Almayda, S. N., & Hariyani, F. P. (2024). ANALISIS CAMPUR KODE DALAM NOVEL “STMJ” KARYA EVE NATKA. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 199–206. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.426

Issue

Section

Articles