ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BERBEBESTEM DAN KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMP ASSISI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.431Keywords:
Penerapan Kurikulum, BerBeBeSTeM, Kearifan Lokal, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kurikulum Pendidikan karakter berbasis BerBeBeSTeM dan kearifan lokal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Assisi Medan tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancarai dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa dan nilai-nilai karakter siswa, serta melestarikan kearifan lokal Batak. Kurikulum ini diimplementasikan melalui intergritasi nilai-nilai BerBeBeSTeM dalam setiap aspek Pembelajaran, yang mencakup kegiatan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Selain itu respon siswa terhadap penerapan kurikulum ini menyimpulkan bahwa kurikulum Pendidikan karakter berbasis BerBeBeSTeM dan kearifan lokal dapat menjadi model Pembelajaran efektif untuk membentuk karakter siswa yang berkualitas, berakhlak dan berbudaya.
References
Almeida, R., et al. (2016). How can students contribute? A qualitative study of active student involvement in development of technological learning material for clinical skills training. Nurse Education Today, 45, 29-34.
Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi riel pembelajaran jarak jauh (pjj) mata pelajaran bahasa Indonesia masa pandemi covid-19 di sma negeri Balikpapan (tinjauan implementasi dan problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 189-198.
Derewianka, B. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Teks.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 027 Samarinda Ulu. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 81-89.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 521-527.
Iswatiningsih, D., Fauzan, F., Dluhayati, D., & Karunia Lestari, Y. (2020). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 5(1), 141–156. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=GkBcjyUAAAAJ&citation_for_view=GkBcjyUAAAAJ:_kc_bZDykSQC.
Koentjaraningrat. 1984. Kebudayaan Jawa. Jakarta: PN. Balai Pustaka
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Nurhuda, H., Probosari, R. M., & Prayitno, B. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Kelas X-3 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 215–224.
Rosa de Lima, Tim Penulis FCJM, 2020, Menghidupi Nilai-nilai spritualitas FCJM, Pematangsiantar: Kanisius.
Siregar, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 8. https://eprints.uns.ac.id/10241/1/1893210
Sembiring, Y. B., Sitanggang, S., Turnip, N. M., Manik, G. S. D. B., & Lumbanbatu, I. M. F. (2023). Designing Reading Material Based On North Sumatra State Museum. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 376-387.
Septika, H. D., & Wahyuni, S. E. (2021). Analisis Penanaman Karater Disiplin Siswa Sd Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 177-182.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.
Subakti, H., Al Haddar, G., & Orin, E. A. (2021). Analisis Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Daring Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3186-3195.
Zulaeha, I. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Berkonteks Multikultural. Litera, 12(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v12i01.1331.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rukun Parida Sidabutar, Berman Hutahaean
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.