ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN PADA KARTUN UPIN & IPIN

Authors

  • Putri Ageng Yoga Universitas Nusantara PGRI kediri
  • Nimas Khoirurohmatilah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Erma Ayu Aprillia Universitas Nusantara PGRI kediri
  • Rian Damariswara Universitas Nusantara PGRI kediri

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.456

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Kartun Upin & Ipin

Abstract

Strategi pembelajaran adalah suatu pola kegiatan pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, guru sebagai pendukung dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran harus mampu menyusun strategi pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran sangatlah penting, karena dengan menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa, guru dapat dengan mudah menyampaikan materi pelajaran dan siswa juga akan mudah memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini memuat strategi-strategi yang digunakan dalam serial Upin & Ipin sebagai bahan penelitian untuk mengkaji berbagai strategi yang diterapkan dalam kartun tersebut sebagai contoh untuk diterapkan oleh pembaca. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa pendekatan, model dan metode yang diterapkan dalam serial Upin & Ipin yang mengangkat tema “belajar sambil bermain”.

References

Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton.

Afiefah, N. (2015). Pembelajaran Dengan Metode Diskusi Kelas. Jurnal Tarbawiyah, 11.

Ariska, Y. F., & Fauzia, S. N. (2021). Tinjauan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini Melalui Metode Sosiodrama. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3).

Depari, R. B. B., Harianja, P., Purba, C. A., & Prasetya, K. H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Siswa SMP Budi Setia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 439-449.

Faishol, R., Hudaa, S., Wilsa, A. W., Prasetya, K. H., & Musdolifah, A. (2021). Management of Information and Communication Technology (ICT) Learning Packages. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Monterrey (Vol. 3, No. 5, pp. 1045-1060).

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 64–73.

Hamdani. (2016). Dasar-Dasar Kependidikan. CV. Pustaka Setia.

Hendrawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfaatanya. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13.

Hidayat, D., & Fajar. (2022). Desain Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Institut Agama Islam Hasanuddin Pare-Kediri, 8.

Hoerudin, C., & Wahyu. (2023). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 B. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 2.

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 521-527.

Ismail, M. (2017). Metode Penugasan Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal IAIN Kediri, 1.

Kamsinah, K. (2008). Metode dalam Proses Pembelajaran: Studi tentang ragam dan implementasinya. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 101–114.

Kapoh, R., Kapoh, R., & Komarudin, M. A. (2023). Ragam Metode Pembelajaran. Lakeisha.

Kristanti, Y. D., & Subiki, S. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128.

Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A. Mimbar Ilmu, 24(2), 212–220.

Manik, I. K. (2020). Efektivitas metode tanya jawab multi arah untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 133–142.

Manurung, P., Harefa, D. Y. N., Purba, C. A., & Rosmiati, A. (2022). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 258-268.

Muawanah, R. A., Nihwan, N., Umam, A. K., & Fitri, R. A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Di Paud Pgri 15 A Iringmulyo Kota Metro. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(2), 42–49.

Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77.

Mustofa, A., & Muadzin, A. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Stitmu Paciran, 7.

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru dalam Pembelajaran. ALACRITY: Journal Of Education, 2.

Saragih, K., Damanik, A. L., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi Raft (Role-Audience-Format-Topic) Pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 418-423.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6(6), 10067-10078.

Warsita, B. (2009). Strategi Pembelajaran Dan Implikasinya Pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 13.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Yoga, P. A. ., Khoirurohmatilah, N. ., Aprillia, E. A. ., & Damariswara, R. . (2024). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN PADA KARTUN UPIN & IPIN. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 449–457. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.456