ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI KELAS V SDN KURIPAN 1 BANJARMASIN

Authors

  • Vina Yulianti Universitas PGRI Kalimantan
  • Lili Agustina Universitas PGRI Kalimantan
  • Gita Kinanthi Purnama Asri Universitas PGRI Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.470

Keywords:

Kemampuan Menulis, Karangan Narasi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Kuripan 1 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan 1) kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Kuripan 1 Banjarmasin, 2) faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Kuripan 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan  hasil  penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: 1. Kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Kuripan 1 Banjarmasin dapat disimpulkan, kesesuaian isi karangan dengan topik dengan rata-rata 2,5 (baik), penokohan dan perwatakan dengan rata-rata 2,5 (baik), latar dengan rata-rata 2,2 (cukup), amanat dengan rata-rata 1,6 (cukup), diksi dengan rata-rata 2 (cukup), ejaan & tanda baca dengan rata-rata 1,9 (cukup), keterpaduan isi karangan (alur) dengan rata-rata 2,1 (cukup). 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis siswa yaitu faktor eksternal a) guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang menarik, b) materi ajar penulisan karangan narasi kurang, c) fasilitas yang kurang (kurangnya referensi bahan bacaan). Faktor internal a) minat siswa dalam menulis karangan narasi masih kurang, b) motivasi siswa dalam mengembangkan cerita dalam tulisan mereka masih kurang.

References

Afifah. (2022). Kesalahan Kalimat Efektif Pada Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Mekar Bakti 1. Prosiding Ces (Conference Of Elementary Studies), 1(6), 379–389.

Agutina, L., & Kasmilawati, I. . (2024). The Value of Folklore Characters in Literacy Reading Materials in Elementary School. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 167–171.

Atika, dkk. (2023). Faktor Rendahnya Minat Menulis Karangan Siswa Kelas V di Sdn Kacamatan Salimpaung. Jurnal Dirasatul Ibtidaiyah 3(1), 96–108.

Handayani, Subakti. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164.

Hasriani. (2021). Belajar Menulis Teks Narasi dengan Teknik Clustering. Bandung: Indonesia Emas Group.

Inggriyani, Anisa Pebrianti. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1–22.

Lestari, L. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Narasi Menggunakan Media Rangkaian Gambar Seri Pada Siswa Kelas III MI Almuhtadi I Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal Basataka (JBT), 3(1), 33-38.

Mahpudin, Praswastanti. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Prosiding Seminar, 855–863.

Marlina. (2020). Upaya Meningkatkan Menulis Karangan Narasi Siswa SMPN 2 Buay Bahuga Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri Dengan Media Gambar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 163.

Mayasari, R., Agustina, L., & Maulana, R. (2023). Developing Science Comic Learning Media for Grade IV Elementary School Based on Local Wisdom of South Kalimantan. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 58–66.

Nurkamilah, dkk. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume, 4, 1202–1205.

Nursela, dkk. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Berdasarkan Media Gambar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD, 838–847.

Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 824-831.

Prasetya, K. H., Utami, K. P., & Indriawati, P. (2024). Analysis Of Language Errors At The Morphological Level In Anecdote Text Writing Of Class X Students MP (Marketing Management) Of SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 63-68.

Qadaria, dkk. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(3), 97–106.

Rahmayanti, Anggraini. (2023). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1588–1594.

Rizkiani, Rifdah. (2022). Pengaruh Media Video Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMK Kebon Jeruk. Metamorfosis Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 15(1), 45–54.

Saragih, K., Damanik, A. L., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi Raft (Role-Audience-Format-Topic) Pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 418-423.

Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.

Sumitra, S., Ginting, S. D. B., & Silaen, U. (2019). Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X Smk Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 23-27.

Widyaningsih. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blogging) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Skripta, 5(1).

Wulandari. (2021). Mahir Menulis Teks Deskripsi & Teks Laporan. Depok: Penerbit PNJ Press.

Wulandari, N. I., Winda, N., & Agustina, L. (2022). Interaksi Sosial Dalam Novel Anak Rantau Karya A. Fuadi. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 340–348.

Yamtinah, dkk. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94–104.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Yulianti, V. ., Agustina, L. ., & Asri , G. K. P. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI KELAS V SDN KURIPAN 1 BANJARMASIN. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 637–645. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.470