PERAN INTRAKURIKULER DAN EKSTRAKURIKULER KELAS BAHASA MANDARIN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SISWA SERTA PROMOSI DI SD GLOBAL PRIMA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.474Keywords:
Peran Intrakurikuler, Peran Ekstrakurikuler, Kualitas, PromosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana aktivitas Bahasa Mandarin di dalam dan di luar kelas mempengaruhi kualitas siswa dan promosi sekolah. Data dari penelitian ini didasarkan pada informasi yang didapat langsung dari sumber asli langsung. Ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode deskripsi studi korelasi. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa dari Sekolah Dasar Global Prima Medan. Hasil analisis variabel menunjukkan bahwa aktivitas kelas mempunyai peran yang signifikan pada kenaikan kualitas siswa, dengan korelasi 0,378. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler memiliki dampak positif dan signifikan pada kualitas siswa, dengan korelasi 0,392. Studi ini juga memeriksa dampak peran dalam dan luar sekolah pada promosi sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa peran dalam sekolah memiliki dampak yang signifikan pada promosi sekolah, dengan korelasi 0,457. Demikian pula, peran ekstrakurikuler memiliki dampak positif dan signifikan pada promosi sekolah, dengan korelasi 0,503. Sebagai kesimpulan, kajian ini menekankan pentingnya aktiviti dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualiti pelajar dan mempromosikan sekolah.
References
Alma, B. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Dan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Bina Aksara
Cooper, Robert K. (2002). Peran Ekstrakurikuler Dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ginting, D. S. B., Situngkir, T. Y., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Dampak Sistem Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19 Terhadap Implementasi Proses Belajar Mengajar Di SMA Pencawan Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 246-257.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 521-527.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Jurnal Koulutus, 6(1).
Jepri, J., Prasetya, K. H., & Aisyah, N. (2024). Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Literasi Pojok Membaca di TK Harapan Bunda Kelurahan Karang Joang. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(1), 225-232.
Liu, X. (2000). Duiwai-Hanyu-jiaoyuxue-yin-lun. 对外汉语教育学引论. Beijing Yuyan Wenhua Daxue Chubanshe [北京语言文化大学出版社].
Manurung, P., Harefa, D. Y. N., Purba, C. A., & Rosmiati, A. (2022). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 258-268.
Pasaribu, M. (2011). Pengaruh Kepribadian Ekstroversi, Peran Ekstrakurikuler dan Kualitas Siswa Guru terhadap Semangat Kerja Guru SMP Sub Rayon 18 Medan”. Tesis. PPs Unimed.
Septika, H. D., & Wahyuni, S. E. (2021). Analisis Penanaman Karater Disiplin Siswa Sd Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 177-182.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yubaniar Pratiwi, Christine Christine, Wiyanti Wiyanti, Elly Romy, Cynthia Hualangi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.