IMPLEMENTASI TEMA BHINEKA TUNGGAL IKA TERHADAP PEMBELEJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA OLEH SISWA SMA KELAS XI METHODIST PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2024

Authors

  • Gita Widia Br Pardosi Universitas Negeri Medan
  • M. Joharis Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.559

Keywords:

Projek, Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pelajar Pancasila, Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, dampak positif dan pengaruh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  pada tema bhineka tunggal ika pada pembelajaran bahasa indonesia oleh siswa kelas XI SMA Methodist Pancur Batu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Perencanaan implementasi kegiatan P5 pada kelas XI di SMA Methodist Pancur Batu dilakukan dengan pertama menentukan tema yang akan digunakan untuk pelaksanaan Kegiatan P5 dan kedu menentukan alokasi waktu untuk pelaksanan. Pelaksanaan implementasi kegiatan P5 pada kelas SMA Methodist Pancur Batu dilakukan dengan penjelasan materi mengenai kegiatan P5, tema yang ditetapkan yaitu bhineka tunggal ika dengan bergotong royong sebagai projek, pelaksanaan P5 ini berpusat pada peserta  didik yang sangat berdampak pada karakter siswa untuk dikehidupan sehari-hari, pelaksanaan program P5 dilakukan dengan pengerjaan bergotong royong bersama dengan warga setempat serta aparat desa sebagai projek. Pengaruh dari pelaksaaan P5 yang dilaksanakan pada kelas XI SMA Methodist Pancur Batu membangkitkan jiwa pancasila dan mendididk peserta dididk bertumbuh dalam nilai-nilai pancasila, hasil akhir dari P5 ini sangat bermanfaat khususnya bagi penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar. 

References

Akhriani, Novianti., Riska. (2015). Optimalisasi Nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika Dalam KCB (Komik Cermat Bhineka) Kepada Siswa Sekolah Dasar Sebagai Upaya Meningkatkan Nasionalisme Sebagai Upaya Meningkatkan Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal PENA, 2(1).

Avicenna, A. (2023). Kesulitan Belajar Mahasiswa Dan Upaya Mengatasinya Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 75-90.

Lubis, M. J. (2019). Pembinaan Guru Melalui Continuing Development Program (CPD) dalam Mencapai Kualitas Pembelajaran Optimal. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II (Vol. 2, pp. ix-xix). FBS Unimed Press.

Lubis, M. J., & Sari, L. P. (2020). The online learning activities during the Covid 19 pandemic. Budapest International Research and Critics Institute Journal (BIRCI-Journal), 3(4), 3619-3624.

Lubis, M. J., Lubis, M., & Naelofaria, S. (2021). SIPDA SMA Negeri 4 Medan: The Development of Integrated Online Learning Platform. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 7479-7487.

Lubis, R. S., Sinuhaji, R. D. S. B., & Manullang, E. R. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Smk Pangeran Antasari Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 48-53.

Rachmawati, Nugraheni, dkk, 2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol 6, No. 3.

Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Pardosi, G. W. B., & Lubis, M. J. . (2024). IMPLEMENTASI TEMA BHINEKA TUNGGAL IKA TERHADAP PEMBELEJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA OLEH SISWA SMA KELAS XI METHODIST PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 838–845. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.559