PENGEMBANGAN MEDIA POHON KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1A SDN-SN PENGAMBANGAN 5 BANJARMASIN

Authors

  • Noor Hasanah Universitas PGRI Kalimantan
  • Lili Agutina Universitas PGRI Kalimantan
  • Tri Winindyasari Palupi Universitas PGRI Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.581

Keywords:

Media, Pohon Kata, Membaca Permulaan, R&D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pohon kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1A SDN-SN Pengambangan 5 Banjarmasin. Jenis penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE; Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi/eksekusi (Implementation), Evaluasi/umpan balik (Evaluation). Desain uji coba berbentuk lembar validasi, lembar angket, tes pre-test, dan post-test dengan subjek penelitian ini adalah validator media, validator materi, guru dan siswa kelas 1A SDN-SN Pengambangan 5 Banjarmasin. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data dari hasil validasi ahli dan tes pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakkan dari ahli media sebesar 88% (sangat layak), sedangkan kelayakkan dari ahli materi sebesar 80% (layak). Hasil tes pre-test siswa sebesar 20% (tidak efektif) dan post-test siswa sebesar 84% (sangat efektif).

References

Abidinsyah, Lagiono, Ria Mayasari, Lili Agustina, Irni Cahyani, & Maryam Agustina. (2022). Sosialisasi Gerakan Literasi Membaca Peserta Didik SDN Seberang Mesjid 1 Banjarmasin. Batuah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 68-76.

https://doi.org/10.33654/batuah.v 2.1945

Ahmad Sauki, Alimuddin A. Djawad, & Lili Agustina, Trans. 2025. Problematics of Indonesian Language Teaching to Grade V Students at SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin City. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan -- Edisi Khusus ISETA. 19, 2 (Feb. 2025), 253–258.

Agustina, L., & Indah Wulandari, N. (2020). Pemerolehan Sintaksis Anak Usia 2 Tahun: Syntax Acquisition of Children Age 2 Years. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 22–29. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.2072

Agutina, L., & Kasmilawati, I. (2024). The Value of Folklore Characters in Literacy Reading Materials in Elementary School. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 167-171.

Arifah, Siti Winda, dkk. 2022. Media Kartu Pohon Bahasa untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. PERNIK Jurnal PAUD, 5(2)

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Devi, N.S,. 2022. Pengembangan Media Papan Kartu Suku Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa pada Tema 8 Subtema 1Kelas 1A MI YPSM Tawangrejo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri

Dwiyasari, K.M.A., dkk. 2023. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas II SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1): 2613-9553.

Fitriani, Normalia., & Siswanto, M. Bambang Edi. 2023. Development Of Tubokas Media (Used Bottle Caps) To Improve The Reading Ability Of Class 1 Students In Elementary Schools. Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE), 4(1): 137.

Hamid, M. A. Dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Khusnia. 2021. Pengembangan Media Roda Berkantong Kartu Kuarter untuk Pembelajaran Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. JPGSD, 09(09): 3243 – 3253

Kintoko, & Rifai Bahktiar. 2017. Problem-Based Interactive Media on Circle’s Tangent by Using Adobe Flash CS6

Mayasari, R., Agustina, L., & Maulana, R. (2023). Developing Science Comic Learning Media for Grade IV Elementary School Based on Local Wisdom of South Kalimantan. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 58–66. https://doi.org/10.33084/tunas.v9i1.6206

Nugroho, C. I., Septika, H. D., & Muhlis, M. (2024). Pengembangan Eduvane (E-Modul Canva Dan Heyzine) Pada Materi Fakta Dan Opini Di Kelas V SDN 011 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 534-548.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 03(01): 172.

Pramudita, M. F., Septika, H. D., & Muhlis, M. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Nearpod Pada Materi Teks Eksposisi Kelas V SDN 007 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 576-584.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwoko, Agung. 2001. Panduan Penelitian PTK. Semarang: Unnes Press

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangn Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano. 59-71.

Rosidi M.F., dkk. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Kata pada Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Merang Baru 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.

Shinta, U.N. 2019. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Struktur Analisis Sintesis. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 4 Tahun ke-8.

Teni, Eka. 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar pada Siswa Kelas I Sekolah. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 4(1).

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Undiksha

Wahyuni, Tuti Sri., dkk. 2023. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Kelompok B Melalui Media Kartu Bergambar. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 4(1): 1-8.

Zuhfa, Afella., dkk. 2023. Pengembangan Media Papan Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Prampelan 1 Sayung Semester Genap Tahun 2022/2023. Dikaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02): 2477-56

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Hasanah, N. ., Agutina, L. ., & Palupi, T. W. . (2025). PENGEMBANGAN MEDIA POHON KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1A SDN-SN PENGAMBANGAN 5 BANJARMASIN . Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 247–257. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.581

Issue

Section

Articles