IMPLEMETASI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENUMBUHKAN LITERASI SAINS PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.584Keywords:
Metode Bermain Peran, Literasi Sains, Anak Usia DiniAbstract
Metode bermain peran adalah suatu metde pembelajaran yang dilakukan guru dalam bentuk bermain untuk meniurukan suatu tingkah laku yang ada pada situasi sosial yang bertujuan untuk menyampaikan informasi baru dan memberikan pemahaman kepada peserta didik. Literasi sains untuk anak usia dini dalam hal ini anak dapat mengenal, menyadari, dan peduli terhadap lingkungannya dan yang dialami sehingga dapat memecahkan masalahnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi metode bermain peran (role playing) untuk menunbuhkan literasi sains pada anak usia dini dan mendeskrpsikan tingkat pertumbuhan literasi sains setelah mengimplementasikan metode bermain peran (role playing). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriftif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, untuk menganalisis data yang sudah terkumpul, menggunakan teknik dengan mengikuti langkah-langkah sesuai dengan Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi datam penyajian data yang disajikan dalam bentuk tabel dan deskriptif, dan penarikan kesimpulan.Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa mplementasi metode bermain peran (role playing) untuk menunbuhkan literasi sains pada anak usia dini sudah dilakukan dengan baik dan pertumbuhan literasi sains setelah mengimplementasikan metode bermain peran (role playing) dalam tingkat mulai berkembang (MB).
References
Anggarani, F. K., Setyowati, R., Satwika, P. A., & Andayani, T. R. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1920
Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri M, D. B. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12
Hanifah, N. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. In Gerakan Literasi Nasional.
Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159
Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di Sd Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29-34.
Husnah, U., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Pakusari Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1).
Karimah, N., & Mas’ula, S. (2024). Inovasi Media Lava Pijar dalam Meningkatkan Literasi Sains Anak Usia 5-6 Tahun Siswa Bustanul Athfal. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 615–622. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p615-622
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. In Laporan Pisa Kemendikbudristek. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kurniawati, N., Adawiyah, A., & Munsi, M. F. (2021). Empowerment) Integrating Innovation And Local Wisdom In Teaching Early Literacy To Young Learners. Journal of Empowerment, 2(1), 125–138. https://jurnal.unsur.ac.id/index.php/JE
Musi, M. A., , S., & , M. (2017). Kontribusi Bermain Peran untuk Mengembangkan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3315
Nurul Kusuma Dewi, S. W., Ruli Hafidah, A. R. P., Novita Eka Nurjanah, V. S., & Syamsuddin, M. M. (2022). Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. CV. Eureka Media Aksara.
Pandiangan, O., Purwanto, P., & Haidir, H. (2019). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Fabel Siswa Kelas Vii Smp Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2). https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.77
Pardosi, G. W. B., & Lubis, M. J. (2024). Implementasi Tema Bhineka Tunggal Ika Terhadap Pembelejaran Bahasa Indonesia Dalam Projek Penguatan Profil Pancasila Oleh Siswa SMA Kelas XI Methodist Pancur Batu Tahun Ajaran 2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 838-845.
Peny Husna Handayani, S. (2018). Early Childhood Education Journal of Indonesia Literasi Sains Ramah Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesian, 1(2), 49.
Rochmawati, F., Suryanti, S., & Sudibyo, E. (2021). Pengembangan Perangkat Bimbingan melalui Bermain Peran (Role Playing) dan Terapi Bioskop Sains (Sciencecinematherapy) untuk Meningkatkan Empati Siswa SD. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 201–208. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.201-208
Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.
Sholeha, V., Wahyuningsih, S., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Nurjanah, N. E. (2021). Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2013–2019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1237
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta. Bandung:Alfabeta.
Syaodih, E., Kurniawati, L., Handayani, H., & Setiawan, D. (2021). Pelatihan Sains Kreatif pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.771
Westhisi, S. M., Atika, A. R., & Zahro, I. F. (2019). Pengembangan Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini Kelompok B. Jurnal Tunas Siliwangi, 10(10).
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2). https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfina Citrasukmawati, Nur Aini Saura Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.