REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM IKLAN SCARLETT AHA BODY SERUM 2024 (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Authors

  • Rizma Indah Rahmah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Tellys Corliana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Sri Mustika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.626

Keywords:

Perempuan, Kecantikan, Iklan, Semiotika, Representasi

Abstract

Iklan produk kecantikan kerap menampilkan sosok perempuan yang ideal dan dinilai menarik secara visual. Iklan tidak hanya menjual produk saja tetapi membentuk konstruksi seperti apa seharusnya perempuan tampil. Iklan menciptakan standar kecantikan tertentu yang dapat mempengaruhi cara perempuan memandang dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini untuk memahami makna representasi kecantikan perempuan dalam iklan scarlett edisi Scarlett AHA Body Serum 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis semiotika model Roland Barthes untuk mencari makna denotatif, konotatif, dan mitos dari iklan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori representasi Stuart Hall, untuk melihat bahwa representasi bukan hanya sekadar cerminan realitas, tetapi membentuk realitas itu sendiri melalui bahasa dan simbol. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa iklan mengkonstruksi tubuh perempuan, di mana kecantikan perempuan tidak hanya ditampilkan melalui fisik saja, tetapi menyiratkan gambaran bahwa perempuan dianggap ideal bila memenuhi standar tertentu. Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa iklan secara tidak langsung membentuk persepsi bahwa tubuh perempuan harus dirawat dengan sedemikian rupa agar dapat diterima dikalangan sosial. Iklan bekerja sebagai media penyampaian pesan simbolik tentang nilai-nilai kecantikan yang turut membentuk cara pandang masyarakat terhadap perempuan.

References

Abdullah, I. M., Widiasmara, H., & Ulum, M. S. F. (2021). Representasi Kulit Putih Perempuan dalam Iklan MS Glow. Jurnal Audiens, 3(2), 63–71. https://doi.org/10.18196/jas.v3i2.11959

Baitha, S. K., Tyagi, R., & Rajak, S. K. (2023). Women’s Empowerment in India-South Korea Relations: A Shared Journey. The Indonesian Journal of Social Studies, 6(2), 1–8. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpips/article/view/8508/4156

Bella, N. S., Maharani, V. M. A., & Nurdin, A. (2024). Representasi Kecantikan Perempuan Indonesia pada Iklan Media Sosial. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1), 68–88. https://doi.org/10.51339/ittishol.v5i1.1657

Difa, A. B., & Setyawan, A. G. (2024). Representasi dalam media dan budaya: Perspektif Teori Stuart Hall. Sanak: Jurnal Studi Agama-Agama, 2(2), 83–90.

Diyanti, M. N., Martasya, & Zelviona, J. (2024). Representasi Wajah Perempuan Berhijab Ideal dalam Iklan Wardah Versi “NEW!! Wardah Acnederm Serum! Kita dan Jerawat, End!” Jurnal Audiens, 5(2), 184–193. https://doi.org/10.18196/jas.v5i2.273

Djamereng, A. (2018). Analisis Semiotika Pada Iklan di Televisi (Iklan Wardah dan Iklan Total Almeera). Jurnal Al-Khitabah, 4(1), 1–16.

Fathoni, M., & Fadillah, D. (2021). Representasi dan Stereotip pada Perempuan Berkulit Gelap dalam Iklan “Fair and Lovely.” Jurnal Audiens, 2(1), 80–87. https://doi.org/10.18196/jas.v2i1.8837

Harsanto, P. W. (2017). Imajinasi Berbasis Gender (Penafsiran Atas Model Perempuan Dalam Iklan). Jurnal Invensi, 2(2), 49–60. https://scholar.archive.org/work/kqeatloizjbuldp73rdqapdvlq/access/wayback/http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/viewFile/1867/581

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: Jejak Publisher.

Hasan, B. (2019). Gender dan Ketidakadilan. Jurnal Signal, 7(1), 63–86.

Jasmin, S. M., Amanda, Y., Sazali, H., & Andinata, M. (2023). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Drama True Beauty (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Drama True Beauty). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 695–705.

Lantowa, J., Marahayu, N. M., & Khairussibyan, M. (2017). Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Muktaruddin. (2019). Eksploitasi Media Terhadap Wanita Dalam Iklan Televisi Perspektif Islam. Hikmah, 13(2), 275–290.

Mukti, I., Sultan, M. I., & Bahfiarti, T. (2015). Semiotika Ikon Perempuan Pada Iklan Mobil Dalam Majalah Otomotif Autoexpert. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(3), 344–359.

Mustika, S., Corliana, T., & Tiara, A. (2021). Pelatihan Literasi Media tentang Kesetaraan Gender bagi Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jakarta Selatan. Jurnal Solma, 10, 207–215. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/5550%0Ahttps://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/download/5550/2238

Namirah. (2024). Kecantikan Autentik. Yogyakarta: Garuda Mas Sejahtera.

Nuria, T., & Rizqi, D. A. S. (2025). Filsafat Bahasa. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Pratama, G., & Setiawati, A. (2021). Eksploitasi Perempuan dalam Iklan Media Massa. Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 6(2), 10–14. https://doi.org/10.52005/rekayasa.v6i2.69

Pratiwi, R. Z. B. (2018). Perempuan dan Kontes Kecantikan (Analisis Mengenai Konstruksi Citra dalam Bingkai Komodifikasi). Jurnal An-Nida, 10(2), 133–143.

Prihantini, A. F., Nurhidayah, S., & Efendi, T. A. (2024). (Re)konstruksi Dan Representasi Citra Perempuan Dalam Media Visual Periklanan Indonesia: Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan. Jurnal Basataka, 7(2), 585–599.

Prihatiningsih, T., & Mudrikah, I. M. (2020). Representasi Perempuan Dalam Iklan (Studi Deskriptif Terhadap Tayangan Iklan Di Televisi). Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 115–122. https://doi.org/10.31294/kom.v7i2.8776

Putri, K. C., & Kusumastuti, R. D. (2023). Representasi Kecantikan Perempuan Pada Kampanye Be Your Own Melalui YouTube BLP Beauty. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 22(1), 93–107. https://doi.org/10.32509/wacana.v22i1.2723

Restu, Saputra, M. I., Triyono, A., & Suwaji. (2021). Metode Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Rohmaniah, A. F. (2021). Kajian Semiotika Roland Barthes. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 124–134. https://doi.org/10.51339/ittishol.v2i2.308

Safitri, H. N., & Wenerda, I. (2022). Representasi perempuan Indonesia dalam iklan citra versi “Citra Cantik Indonesia” 2021. Youth Communication Day, 116(01), 116–122. https://doi.org/10.12928/ycd.v1i1.12060

Satria, G. D., & Junaedi, F. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Garnier Sakura White Dan Wardah White Secret. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 93–119. https://doi.org/10.23917/komuniti.v14i1.17753

Setiawati, H., Firmansyah, I., Salsabila, R. M., & Purwanto, E. (2024). Komunikasi Pembangunan Berbasis Komunitas dalam Upaya Pemberdayaan Perempuan. INTERACTION: Communication Studies Journal, 1(4), 1–20.

Urfan, N. F. (2019). Semiotika Mitologis Sebuah Tinjauan Awal Bagi Analisis Semiotika Barthesian. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 45–54. https://doi.org/10.35308/source.v4i2.921

Wirasari, I. (2016). Kajian Kecantikan Kaum Perempuan Dalam Iklan. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 1(2), 146–156. https://doi.org/10.25124/demandia.v1i02.278

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rahmah, R. I. ., Corliana, T., & Mustika, S. (2025). REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN DALAM IKLAN SCARLETT AHA BODY SERUM 2024 (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 132–142. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.626

Issue

Section

Articles