PENGEMBANGAN MEDIA PATEGAKA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.656Keywords:
Pengembangan Media, Papan Tebak Gambar & Kata, LiterasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa Papan Tebak Gambar & Kata guna mendukung peningkatan kemampuan literasi siswa kelas III Sekolah Dasar. Media ini dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang aktif, menyenangkan, dan kondusif, serta mendorong partisipasi siswa dalam memahami materi secara lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Develompent, Implementation, dan Evaluate. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas 3 di SD Muhammadiyah 13 Palembang. Pendekatan penelitian menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, penyebaran angket, serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket validasi oleh ahli materi dan media, serta angket respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media layak untuk digunakan dengan tingkat kelayakan sebesar 88% menurut ahli media dan 87,5% menurut ahli materi. Hasil uji coba di lapangan mengindikasikan tingkat keterterapan dan daya tarik media sangat tinggi dengan persentase 95%, masuk dalam kategori “sangat baik”. Dengan demikian, media Papan Tebak Gambar & Kata dinilai efektif dalam menunjang kegiatan literasi siswa di sekolah dasar.
References
Amelia, D. 2024. Pengembangan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penerbit Intelektual Edu Media.
Afkarina, N, & Wijaya, E, Y. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Game Tebak Gambar Berbasis Android pada Mata Pelajaran Informatika. Journal of Education and Informatics Research, 1(1), 69-75.
Aini, F. N., Arafah, A. A., & Septika, H. D. (2024). Pengembangan Mabatera (Media Pembelajaran Buku Elektronik Teks Narasi) Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 525-533.
Anggraini, L, W., Rahmawati, L, E. (2023). Peningkatan literasi membaca dan menulis bagi siswa sekolah dasar melalui kegiatan lakusi (latihan khusus literasi). Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 60-70.
Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.254 6
Arsini, K. R., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 173–184.https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46 323
Azwar, A., Hamria, H., & Kaharu, M. N. S. (2020). Game Edukasi Pengenalan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika, 8(02), 141–150. https://doi.org/10.33884/jif.v8i02.248 1
Budiarti, S. N. I. (2020). Penerapan Permainan Tebak Gambar dan Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A1 TK Negeri Pakunden 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 4(2), 285. https://doi.org/10.28926/riset_konsept ual.v4i2.217
Daulay, I. S., Hasibuan, S. B., & Pasaribu, I. S. R. (2023). Implementasi Metode Tebak Kata dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 1413–1421.https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.37 9
Elisa, W., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan media concatenated board untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung di kelas 2 sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4470–4481.
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27 454312.2
Hidayat, N., Kurniawan, D., Prabawa, A. H., Rusnoto, R., & Syafiq, A. N. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Menggunakan Aplikasi Android Belajar Membaca di Dusun Kentengsari Kaliwungu Semarang. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2013, 72–79. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i2.45
Hilda Melani Purba, Humairo Sakinah Zainuri, Nadia Syafitri, & Rizky Ramadhani. (2023). Aspek-Aspek Membaca Dan Pengembangan Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 179–192. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1025
Jamaluddin, U., Pribadi, R. A., & Halimatussa’diyah. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas I di SD Negeri Kadumerak 1. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6391–6401.
Nugroho, C. I., Septika, H. D., & Muhlis, M. (2024). Pengembangan Eduvane (E-Modul Canva Dan Heyzine) Pada Materi Fakta Dan Opini Di Kelas V SDN 011 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 534-548.
Pramudita, M. F., Septika, H. D., & Muhlis, M. (2024). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Nearpod Pada Materi Teks Eksposisi Kelas V SDN 007 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 576-584.
Rahmi, P., Dersa, R., & Hasballah, J. (2022). Pengembangan APE Rolling Box Berbasis Permainan Tebak Gambar terhadap Kemampuan Bahasa Anak. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 1.https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1296
Ratnawati. (2021). 720-Article Text-6217-1- 10-20211023. Demensia Sebagai Gangguan Berpikir Pada Gangguan Berbahasa, 7.
Refiana Sari, N., Oktrifianty, E., & Magdalena, I. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Menulis Siswa Kelas Iv Sd Negeri Kunciran 06 Kota Tangerang. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(3), 466–488. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Rizqi, E. R., & Sartika, Y. (2020). Pengaruh Media Tebak Gambar Terhadap Pengetahuan Jajanan Sehat Siswa Sdn 001 Teratak Kabupaten Kampar. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 58–62. https://doi.org/10.31004/prepotif.v4i1.633
Sari, E. P., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Papan Tebak Gambar Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basataka, 6(1), 118–126.
Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.
Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan Addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112- 119
Sofyan, M. A., & Ridwan, F. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 15(1), 63–71. https://doi.org/10.55222/metamorfosi s.v15i1.752
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukma, H., & Puspita, L. A. (2023). Keterampilan Membaca dan Menulis. K-Media.
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088
Syahputri, I., & Dafit, F. (2021). Pengembangan E-Modul Membaca Siswa Kelas 3 SDN 029 Pekanbaru. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 671–686. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v1 3i2.1081
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Occha Fattia Nilamanda, Delviya Pransiska, Made Sita, Desti Anjani, Murjainah Murjainah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.