KUALITAS SOAL URAIAN DALAM NASKAH UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024 BERDASARKAN KRITERIA PUSPENDIK

Authors

  • Gita Sari Rahayu Universitas Jember
  • Parto Parto Universitas Jember
  • Inno Cahyaning Tyas Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.681

Keywords:

Evaluasi Hasil Belajar, Kaidah Penulisan Soal, Analisis Kualitas Soal

Abstract

Soal sebagai alat evaluasi pembelajaran perlu dianalisis untuk mengetahui apakah soal sudah menjadi alat ukur yang sesuai dengan kemampuan siswa dan tidak menyebabkan siswa salah paham saat mengerjakan soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek materi, aspek kebahasaan dan aspek konstruksi soal uraian dalam naskah ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 berdasarkan kriteria Puspendik (2019). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif penelitian ini meliputi kata, frasa, kalimat, paragraf tentang kaidah penulisan soal dan data kuantitatif yaitu hasil persentase soal yang sesuai dan tidak sesuai dengan kaidah penulisan soal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 soal kelas 10 yang tidak sesuai aspek materi, 4 soal kelas 10 dan 2 soal kelas 11 yang tidak sesuai aspek konstruksi, 4 soal kelas 10 dan 4 soal kelas 11 yang tidak sesuai aspek bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa aspek materi soal berada pada kategori baik, aspek konstruksi berada pada kategori cukup dan aspek bahasa berada pada kategori sedang. 

References

Abubakar, Rifa’i. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA Press UIN Sunan Kalijaga.

Aringrum, W. (2016). Aspek Materi, Konstruksi, dan Bahasa pada Soal Sastra Ujian Nasional Tingkat SMK Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2014/2015. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta) https://eprints.ums.ac.id/47022/15/NASKAH%20PUBLIKASI-WEN.pdf

Justan, R., Margiono., & Abdul, A. (2024) Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). ULIL ALBAB: Jurnal Ilmial Multidisiplin, 3(2), 253-263

Maryuni, S. (2019). Analisis Kaidah Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjl Mata Pelajaran BahasaIndonesia Kelas X SMK PGRI Pekanbaru Tahun Ajaram 2018/2019. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Riau). https://repository.uir.ac.id/6986/

Rofiqoh, I., & Zulhawati. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiawati, S., & Merry L. (2022). Aspek Bahasa dan Konstruksi Butir Soal Evaluasi pada Buku Tematik Kelas III Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Bahasa, Seni dan Sastra, Jakarta: 27 Juli 2022. 383-388.

Rahman, A.A., dan Cut E.N. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Suryadi, A. (2020). Evaluasi Pembelejaran Jilid I. Sukabumi: CV Jejak.

Syahriani, S., Abdul M., & Endang W.W. (2021)., Anlisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SDN Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 198-209.

Tim Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Panduan Penilaian Tertulis. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rahayu, G. S. ., Parto, P., & Tyas, I. C. . (2025). KUALITAS SOAL URAIAN DALAM NASKAH UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024 BERDASARKAN KRITERIA PUSPENDIK. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 392–401. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.681

Issue

Section

Articles