NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT BATANG TUAKA

Authors

  • Fitri Humairoh Universitas Riau
  • Elmustian Rahman Universitas Riau
  • Oki Rasdana Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.733

Keywords:

Cerita Rakyat, Batang Tuaka, Pendidikan Karakter, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Moral, Budaya Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Batang Tuaka. Cerita ini berasal dari Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, dan mengisahkan tentang seorang anak bernama Tuaka yang durhaka kepada ibunya dan mendapat balasan atas perbuatannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi terhadap teks cerita rakyat Batang Tuaka. Hasil analisis menunjukkan bahwa cerita ini mengandung sembilan nilai pendidikan karakter, yaitu: keberanian, kepedulian, kerja keras, ketelitian, ketangguhan, musyawarah, tanggung jawab, religiusitas, dan kesadaran. Nilai-nilai tersebut mencerminkan pandangan hidup masyarakat setempat dan dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran moral serta pelestarian budaya lokal.

References

Ahmadi A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Sasak ”Doyan Nada”. Jurnal Ilmiah Global Education 2:115–122.

Ellawati, Darihastining Susi, Sulistyowati Henny. (2023). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata: Nilai Religius dan Nilai Kerja Keras. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya 3:193–200.

Ginting, P. T. B., Ley, R. D., Siburian, P., Prasetya, K. H., & Septika, H. D. (2022). Parafrasa Legenda “Guru Penawar Reme” Menjadi Naskah Drama Sebagai Bahan Ajar Di SMA. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 279-287.

Kemendikbud. 2013. Pendidikan Karakter. Permendikbud Nomor 81 A tentang Implementasi Kurikulum. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari RF. (2019). Wujud Budaya dan Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Watu Dodol. Belajar Bahasa 4:161–240.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Pasha MAN, Karsiwan. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Cerita Rakyat Lampung (Study Cerita Rakyat Lampung Sang Kabelah dan Khadin Tegal) dalam Perspektif Islam. Social Pedagogy : Journal of Social Science Education 1:55–67.

Ratnawati, I. I. (2018). Nilai Budaya dalam Buku Cerita Rakyat Paser dan Berau. Jurnal Basataka (JBT), 1(1), 45-57.

Romadhon, A. M., Maryatin, M., & Ratnawati, I. I. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan pada Cerita Rakyat Paser dan Berau serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa SMK Muhammadiyah Long Ikis. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 172-183.

Sari, M., Samosir, L. C., Setiawan, D. S. A., & Nababan, E. B. (2022). Nilai Budaya Dan Sosial Dalam Kumpulan Cerpen Dari Timur Karya Erni Aladjai Edisi Makassar International Writers Festival 2017. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 212-219.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Humairoh, F. ., Rahman, E. ., & Rasdana, O. . (2025). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT BATANG TUAKA. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 556–563. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.733

Issue

Section

Articles