ANALISIS KOHESI GRAMATIKAL SUBSTITUSI DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK TANPA RENCANA KARYA DEE LESTARI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MODUL AJAR

Authors

  • Hoirun Nisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Asep Muhyidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sundawati Tisnasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.734

Keywords:

Kohesi Gramatikal Substitusi, Cerita Pendek, Modul Ajar

Abstract

Cerita pendek yang menggunakan piranti kohesi gramatikal substitusi cenderung lebih bervaritif, tidak monoton, dan mengurangi kebosanan saat membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kohesi gramatikal substitusi dalam kumpulan cerita pendek Tanpa Rencana karya Dee Lestari dan penyusunan modul ajar materi teks cerita pendek. Penelitian ini menggunakan metode simak untuk mengumpulkan data dengan teknik studi pustaka, teknik simak, teknik sadap, dan teknik catat. Pada tahap analisis data menggunakan metode agih dengan melibatkan teknik ganti, teknik balik, dan teknik lesap. Data penelitian diteguhkan validitasnya menggunakan teknik triangulasi penyidik. Berdasarkan uraian hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kumpulan cerpen Tanpa Rencana karya Dee Lestari di dalamnya memiliki tingkat kohesi yang cukup baik jika ditinjau dari aspek gramatikal substitusi. Adapun hasil penelitian ini ditemukan kohesi gramatikal sebanyak 80 data. dengan rincian: 1) Substitusi nomina 38 data (48%) mengacu pada penggantian nama orang, penggantian nama tempat, nama profesi dan bersifat anafora dan katafora (data: frasa Semua kenalanku digantikan mereka; sebuah kedai menggantikan Kedai Asam Garam; bosku menggantikan Dai); 2) Substitusi verba 36 data (46%) mengacu pada penggantian kata kerja aktif dengan kata kerja aktif, serta mengacu pada penggantian kata kerja aktif dengan kata kerja pasif bersifat anafora (data: berjumpa diganti bertemu; berhenti berbunyi digantikan oleh kata terbungkam); dan 3) Substitusi klausa 6 data (6%) penggantian kalimat secara keseluruhan dengan kata demonstratif, dan berupa penggantian kalimat secara keseluruhan dengan frasa nomina bersifat anaforis dan kataforis (data: Untuk melengkapi kisah tentang Beni, datanglah Roti Bakar Sihotang, yang tak lain adalah roti beroles mentega dan gula. “Seperti beginilah Beni suka makan roti”. Kalimat sebelumnya mengalami penggantian klausa dengan kata demonstratif beginilah). Penelitian ini relevan sebagai modul ajar sehingga dapat digunakan dalam membuat modul ajar materi teks cerita pendek pada jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) kelas XI, menggunakan kurikulum merdeka yang merujuk pada buku teks yang telah disediakan oleh kemendikbud.

References

Ahyar, J. 2019. Apa itu Sastra: Jenis-jenis karya sastra dan bagaimanakah cara menulis dan mengapresiasi sastra. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Alwasilah, C.A. 2006. Pokoknya Kualitatif. Cetakan III. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Ariyani, F. Suyanto, E. Agustina, E. S. 2017. Piranti Substitusi dalam cerita Radin Djambat (kajian Intertekstual sebagai pelansir martabat dan budaya masyarakat Lamputn). Jurnal Lokabasa, 08(01), 45-60. Doi:https://doi.org/10.17509/jlb.v8i1.15967

Darma, Y, A. 2014. Analisis Wacana Kritis. Bandung: PT Refika Aditama.

Djajasudarma, F. 2010. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Cetakan III. Bandung: PT Refika Aditama.

Djajasudarma, F. 2016. Wacana Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Cetakan keempat. Bandung: PT Refika Aditama.

Eriyanto. 2015. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Edisi: Cetakan IX. Yogyakarta: PT Lkis Printing Cemerlang.

Faruk. 2020. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Feni. Saman, S. & Salem, L. 2014. Kohesi Gramatikal dalam kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari. JPPK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 03(8), 1-11. Doi: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6622/6864.

Halliday, M. A. K. & Hasan, R. 1976. Cohesion In English. London: Longman.

Hermawan, I. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. Jawa Barat: Hidayatul Quran Kuningan.

Junaiyah & Arifin, Z. 2010. Keutuhan Wacana. Jakarta: PT Grasindo.

Karisma & Pratiwi. 2023. Analisis Kohesi Gramatikal dalam Cerita Pendek pada Kompas.id Edisi September 2022 dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Bahasa Indonesia. UMS: Universitas Muhammadiyah Surakarta. dikutip dari Skripsi: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/115859. Pukul: 03.14 WIB.

Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Nnnnnnnnn

Kridalaksana, H. 2009. Kamus Linguistik Edisi keempat. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, C. & Kuswandi, D. 2021. Pengembangan E-Modul Sebagai Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Jawa Timur: Academica Publication.

Lestari, D. 2024. Tanpa Rencana. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Mahsun. 2019. Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Edisi ketiga. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Marwati, H. & Wiskitaningtyas, K. 2017. Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek.

Meiliana & Sumarlam. 2023. Substitusi Verbal dalam Wacana Berita CNN Indonesia Pasca-Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Tanjung Priok Jakarta Utara. Klausa: Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra, 7(1), 81-89. Doi: 10.33479/klausa.v%vi%i.714.

Moleong, L. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muhyidin, A. 2021. Kajian Kohesi Gramatikal Substitusi dan Elipsis dalam Novel Khotbah di atas Bukit Karya Kuntowijoyo. Journal Deiksis, 13(02), 110-121. Doi: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v13i2.7771.

Muslich, M. 2010. “Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks”. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nadliyah, N.L. Bustan, F. Robot, M. & Fernandez, S. 2024. Analisis Kohesi Gramatikal Pidato Politik Soekarno di depan Sidang Umum PBB 1960. Optimisme, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 5(1), 30-41. Doi: https://doi.org/10.35508/optimisme.v6i1.

Ningtyas, H. A. & Laili, E. R. 2023. Kelayakan Isi, Penyajian, Kebahasaan, dan Kegrafikan Bahan Ajar Teks Deskripsi di SMP Kelas VII. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 06(01), 52-71. Doi: 10.22236/imajeri.v6i1.10977.

Ninsiana, W. 2021. Kohesi Gramatikal Kajian Terjemahan pada Bidding Document. Yogyakarta: Sulur Pustaka.

Nurdiani, A. & Sumarlam. 2021. Pemanfaatan Substitusi sebagai Sarana Pendukung Kepaduan Teks dalam Novel Cantik itu Luka Karya Eka Kurniawan. Semantiks: Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra. Universitas Sebelas Maret (UNS). 340-347. Doi: https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks.

Pramitasari, A. 2023. Keutuhan Wacana pada Cerpen “Andai Jakarta Seperti Mata Kakak” Karya Habiburrahman El Shirazy. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya, 06(02), 93-104. Doi: http://jurnal.unsur.ac.id/dinamika/article/view /article/view/3333/2684.

Rohman, S. 2020. Pembelajaran Cerpen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Salammah, S. I. N. Ibrahim, Y. & Sumarlam. 2024. Analisis Wacana Piranti Kohesi Gramatikal Substitusi dalam debat Capres Jilid V 2024. Kajian linguistik dan sastra, 03(03), 332-341.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., & Mafulah, S. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Unisma Press.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi ketiga. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susilawati, S. 2021. Penggunaan Kohesi Gramatikal dan Kohesi Leksikal pada kumpulan cerpen Surat kecil untuk Ayah karya Boy Candra. Diskursus: Jurnal pendidikan Bahasa Indonesia, 04(2), 189-210.

Tarigan, H, G. 2021. Pengajaran Wacana. Bandung: Penerbit Angkasa.

Thahar, H, E. 2021. Kiat Menulis Cerita Pendek teori dan aplikasi edisi digital. Bandung: Cv Angkasa.

Ulfiana. Stella T. & Tri M. 2021. Analisis Penggunaan Kohesi Gramatikal dalam Teks Eksposisi siswa kelas SMK Bina Budi Luhur Bogor. Pedagogia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(01), 36-42. Doi: http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagogia.

Wardani, I, K. 2024. Kohesi Dalam Cerita Pendek Karya Siswa SMP Kartika XII-1 dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Kebahasaan di SMP. Universitas Tidar. dikutip dari skripsi: https://repositori.untidar.ac.id/index.php?p=show_detail&id=16240&keywords= .

Winita, S. 2019. Kohesi Gramatikal Referensi dalam Koleksi Cerita Pendek Kompas. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 19(02). 1-155. Doi: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v19i2.24787.

Wiyanti, E. 2016. Kajian Kohesi Gramatikal Substitusi dan Elipsis dalam Novel “Laskar Pelangi” Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan: Bahasa dan Sastra, 16(02). 188-202. Doi: http://dx.doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i2.4481.

Zaimar, O, K, S. & Harahap, A, B. 2009. Telaah Wacana. Jakarta: The Intercultural Intitute.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Nisa, H., Muhyidin, A. ., & Tisnasari, S. . (2025). ANALISIS KOHESI GRAMATIKAL SUBSTITUSI DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK TANPA RENCANA KARYA DEE LESTARI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MODUL AJAR. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 583–596. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.734

Issue

Section

Articles