ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KOMPONIS KECIL KARYA SOESILO TOER

Authors

  • Syahla Ayu Yasinta Universitas Sebelas Maret
  • Ari Suryawati Secio Chaesar Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.740

Keywords:

Nilai Pendidikan Karakter, Nilai Karakter, Novel, Sastra, Soesilo Toer, Pendidikan Karakter

Abstract

Karakter positif adalah salah satu aspek penting yang perlu dibangun dalam diri setiap generasi muda. Terkikisnya karakter positif pada generasi muda dapat menunjukkan adanya penurunan nilai adab dan karakter. Banyak anak-anak yang menunjukkan kurangnya kesan dalam berbicara, kurang sopan dalam berperilaku, serta sering melanggar aturan yang telah disepakati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan nilai pendidikan karakter dalam novel Komponis Kecil karya Soesilo Tour. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dengan sumber data novel Komponis Kecil karya Soesilo Toer. Teknik pengumpulan data dengan cara purposive sampling dan uji validitas melalui triangulasi teori. Teknik analisis dengan tahap pengumpulan, reduksi, dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini adalah nilai karakter pendidikan yang terdapat dalam novel Komponis Kecil karya Soesilo Toer terdiri atas 18 nilai yang meliputi nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat persahabatan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Total keseluruhan yang terdapat dalam novel adalah 108 data kutipan yang mencerminkan nilai pendidikan karakter.

References

Andriyanto, O. D., Supratno, H., & Tjahjono, T. (2020). Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Dhadhung Kepuntir karya Tulus S. (Pendekatan Sosiologi Sastra Swingewood). Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 8(2), 109–121. https://doi.org/10.15294/sutasoma.v8i2.43374

Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Journal of Pedagogi, 1(1), 9390–9394. https://doi.org/10.62872/08pbgk95

Heryningtias, C. V., Nurhasanah, E., & Triyadi, S. (2021). Analisis Struktural dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel the Sun of the Rain Karya Viona Prameswari. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 292–299. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.136

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.

Kurniati, I. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata dan Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra di SMP/SLTP.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Muslich, M. (2022). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Sinar Grafika Offset.

Noya, A., Taihuttu, J., Kiriwenno, E., & Kiriwenno Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Pada Remaja, E. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Pada Remaja Sitasi. Humanlight Journal of Psychology. Juni, 5(1), 1–16. http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/humanlight

Pintubatu, N. R., Tarigan, H., & Setiawan, D. S. A. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Seperti Sungai Yang Mengalir” Karya Paulo Coelho. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 9-18. DOI: https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.141.

Presiden Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sukatin, & Al-Faruq, M. S. S. (2020). Pendidikan Karakter. DEEPUBLISH.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif). ALFABETA.

Susanti, S., Fira, D. S., Simamora, I. P., Sartika, M., & Girsang, R. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kebiasaan Menjiplak/Meniru Tugas Teman Dan Membolos Pada Siswa Kelas X E-3 Di Sman 12 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 63-72. DOI: https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.383.

Toer, S. (2019). Komponis Kecil (G. B. Susanto (ed.); 4th ed.). Pataba Press.

Widyasari, S. (2024). Analisis Struktural Antologi Cerpen Amor Karya Siswa SMA Negeri 1 Bangil, Nilai Pendidikan Karakter, dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Pembelajaran Sastra Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Tidak Dipublikasikan, 1–23.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Yasinta, S. A. ., & Chaesar, A. S. S. . (2025). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KOMPONIS KECIL KARYA SOESILO TOER . Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 615–625. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.740

Issue

Section

Articles