BENTUK TANDA DALAM WACANA IKLAN ADVERTORIAL MEDIA MASSA CETAK

  • Nurhusna Nurhusna UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Keywords: Semiotika, Wacana Iklan Advertorial

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap bentuk tanda dalam wacana iklan advertorial media massa cetak. Wacana iklan advertorial dikumpulkan dengan memilih iklan advertorial dalam bentuk barang dan jasa yang terdapat di surat kabar Kompas dan Jawa Pos sebagai sumber data penelitian. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan menggambar kesimpulan berdasarkan teori Milles dan Huberman (1984-1994). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tanda yang ditemukan terdiri dari penanda budaya dan penanda sosial. Penanda budaya terdiri dari (1) cara memakai produk, (2) cara memelihara dari produk. Penanda Sosial terdiri dari (1) hidup tradisonal dan (2) hidup modern. Tanda tersebut secara keseluruhan digunakan oleh pemilik modal sebagai model strategi menarik konsumen.

 

References

Christomy, Tommy & Yuwono, Untung. 2004. Semiotika Budaya. Depok: Puspet Kemasyarakatan & Budaya Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia.
Denzin, Norman K & Yvonna S. Lincoln. 2009. Hand Book of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ensiklopedia. (Online), (http//www.wikipedia indonesia.com), diakses 11 April 2014.
Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan. Jakarta: Pusat
Published
2020-06-30
How to Cite
Nurhusna, N. (2020, June 30). BENTUK TANDA DALAM WACANA IKLAN ADVERTORIAL MEDIA MASSA CETAK. Jurnal Basataka (JBT), 3(1), 10-19. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v3i1.81
Section
Articles