IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK AUTIS USIA 10 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.92Keywords:
Kemampuan Berbahasa, Aktif Ekspresif, Anak AutisAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berbahasa yang aktif atau ekspresif pada anak autis usia 10 tahun dan upaya peningkatannya dilakukan oleh Guru Pembimbing Kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang menggunakan subjek penelitian anak autis di kelas 4A. Teknik untuk mengumpulkan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data maka digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber, bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berbahasa aktif atau ekspresif Ray masih mengalami kendala pada kelancaran, artikulasi kurang jelas pada kata dan akhiran l, n, m, r, t, ng, berbicara dengan kata-kata pendek, belum dapat berdialog atau berkomunikasi, belum dapat menyampaikan informasi, mengucapkan keinginannya saat frustasi dengan kalimat yang tidak utuh, belum dapat menulis secara mandiri, dan belum dapat membuat karangan.
References
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja GrRayindo Persada.
Gunawan, Dudi. 2016. Hambatan Komunikasi Secara Reseptif Dan Ekspresif. File ppt. Bandung: Jurusan PLB FIP UPI.
Faradz, S.M.H. (2002, Januari). Aspek Genetik Autisme. Seminar & Workshop on Fragile-X Mental Retardation, Autism and Related Disorders, Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Hurlock, Elizabeth B. 2005. Perkembangan Anak (Jilid 1, Edisi Keenam).
Jakarta: Penerbit Erlangga.
Muktiono, Joko D. 2003. Aku Cinta Buku. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Volkmar, F., Pameroy, E. H., Realmuto, G., & Tanguay, P. (1999). Practice Parameters for the assesment and treatment of children, adolesctent and adults with autism and other pervasive developmental disorders. J. Am acad Child-Adolesc Psychiartry. 38 (12), 325-545).
Wijayakusuma, Hembing. 2004. Psikoterapi Anak Autisma. Jakarta: Pustaka Populer Obor.