IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK AUTIS USIA 10 TAHUN

Authors

  • Laila Tri Lestari Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.92

Keywords:

Kemampuan Berbahasa, Aktif Ekspresif, Anak Autis

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berbahasa yang aktif atau ekspresif pada anak  autis usia 10 tahun dan upaya peningkatannya dilakukan oleh Guru Pembimbing Kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi  kasus yang menggunakan subjek penelitian anak autis di kelas 4A. Teknik  untuk mengumpulkan data yang digunakan observasi, wawancara, dan  dokumentasi. Teknik analisis  data menggunakan reduksi data,  display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data maka digunakan  uji kredibilitas dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber, bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berbahasa aktif atau ekspresif  Ray  masih mengalami kendala pada kelancaran, artikulasi kurang  jelas pada kata dan akhiran l, n,  m, r, t, ng, berbicara dengan kata-kata pendek, belum dapat berdialog atau berkomunikasi, belum dapat menyampaikan informasi, mengucapkan  keinginannya saat frustasi dengan kalimat yang tidak utuh, belum dapat menulis secara mandiri,  dan belum dapat membuat  karangan.

References

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Departemen Pendidikan Nasional.
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja GrRayindo Persada.
Gunawan, Dudi. 2016. Hambatan Komunikasi Secara Reseptif Dan Ekspresif. File ppt. Bandung: Jurusan PLB FIP UPI.
Faradz, S.M.H. (2002, Januari). Aspek Genetik Autisme. Seminar & Workshop on Fragile-X Mental Retardation, Autism and Related Disorders, Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Hurlock, Elizabeth B. 2005. Perkembangan Anak (Jilid 1, Edisi Keenam).
Jakarta: Penerbit Erlangga.
Muktiono, Joko D. 2003. Aku Cinta Buku. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Volkmar, F., Pameroy, E. H., Realmuto, G., & Tanguay, P. (1999). Practice Parameters for the assesment and treatment of children, adolesctent and adults with autism and other pervasive developmental disorders. J. Am acad Child-Adolesc Psychiartry. 38 (12), 325-545).
Wijayakusuma, Hembing. 2004. Psikoterapi Anak Autisma. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Downloads

Published

2021-01-02

How to Cite

Lestari, L. T. (2021). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK AUTIS USIA 10 TAHUN. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 99–105. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.92