ANALISIS CAMPUR KODE DALAM NOVEL “HELLO SALMA” KARYA ERISCA FEBRIANI

Authors

  • Inka Risky Meylani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ita Kurnia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wynona Bulan Maharani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Anisa Rahayuningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.233

Keywords:

Campur Kode, Novel, Sosiolinguistik

Abstract

Penelitian ini berfokus pada campur kode yang terbagi menjadi dua, yaitu: a) berdasarkan asal unsur serapannya terdiri dari campur kode ke dalam, campur kode ke luar, dan campur kode campuran, b) berdasarkan tingkat perangkat kebahasaan, terdiri dari campur kode kata, frasa, dan klausa. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskripsi dan metode pustaka. Teknik pengumpulan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pustaka. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data tentang campur kode dalam novel “Hello Salma” karya Erisca Febriani dapat disimpulkan campur kode dalam novel “Hello Salma” karya Erisca Febriani berbentuk kata dan frasa berjumlah 61 data, masing-masing 19 data bahasa Sunda (berjumlah 7 kata dan 12 frasa), 4 data bahasa Jawa (berjumlah 3 kata dan 1 frasa) dan 38 data bahasa Inggris (berjumlah 20 kata dan 18 frasa). Campur kode dalam bentuk kata dan frasa yang paling dominan adalah bentuk kata dan frasa dalam bahasa Inggris. Alasan penggunaan Bahasa Inggris yang dominan karena penulis menyesuaikan dengan kehidupan remaja era milenial.

References

Aisyah, Novita. 2019. Analisis Campur Kode pada Tayangan Sinetron Komedi “Tukang Ojek Pengkolan” Episode Maret-April 2019. Tesis. Yogyakarta: Jurusan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan.

Alatas, Arifin M., dan Rachmayanti I. 2020. Penggunaan Campur Kode dalam Komunikasi Santri di Pondok Pesantren Anwarul Huda Malang. Jurnal Satwika, 4.

Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta.

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Farouq. 2019. Analisis Peristiwa Alih Kode Dan Campur Kode Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Hasta Wiyata, 3: 78-79.

Gifelem. 2021. Analisis Campur Kode Dalam Novel “Pre Wedding Rush”(Karya Okke ‘Sepatumerah’). Jurnal J-Mace, 1: 53-65.

Khoirurrohman, Taufiq, dan Anny Anjany. 2020. Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Ketug (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Dialektika, 10.

Masruro, Kholifatun. 2020. Campur Kode Pembawa Acara Musik Breakout di Net.Tv. Jurnal BAPALA, 7.

Nuwa, Gustav G. 2017. Campur Kode dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Alok Maumere Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Bindo Sastra, 1.

Sari, Harmita, dan Samsinar. 2020. Analisis Campur Kode Masyarakat di Pasar Andi Tadda Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 5.

Suandi, Nengah. 2014. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukmana A. A, Wardarita R. & Ardiansyah A. 2021. Penggunaan Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Acara Matanajwa Pada Stasiun Televisi Trans7. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5: 206-221.

Wakhidah, Siti, dan Sudaryanto. 2019. Analisis Campur Kode dalam Iklan Daring Lazada Edisi April 2019: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Deiksis, 11.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Meylani, I. R. ., Kurnia, I., Maharani, W. B. ., & Rahayuningtyas, A. (2023). ANALISIS CAMPUR KODE DALAM NOVEL “HELLO SALMA” KARYA ERISCA FEBRIANI. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 91–99. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.233

Issue

Section

Articles