ANALISIS CAMPUR KODE DALAM NOVEL “MY PSYCHOPATH BOYFRIEND” KARYA BAYU PERMANA

Authors

  • Umi Lina Adibatul Karimah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ayundha Destine Resti Anandi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Eunike Ersa Pebrianti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ita Kurnia Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.273

Keywords:

Novel, Campur kode

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui arah campur kode yang terdapat dalam novel My Psychopath Boyfriend karya Bayu Permana. Penelitian ni menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berfokus pada wujud campur kode yang terdapat dalam novel My Psychopath Boyfriend karya Bayu Permana. Langkah -langkah yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu 1) membaca novel secara keseluruhan dan itensif, 2) mengidentifikasi dan mencatat kutipan-kutipan berupa deskripsi pengarang dan kalimat percakapan yang mengandung campur kode dalam novel My Psychopath Boyfriend, 3) mengklafisikasikan data berdasarkan arah campur kode yang ditemukan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada novel My Psychopath Boyfriend karya Bayu Permana terdapat dialog dan dalam bentuk deskripsi pengarang yang berupa kata maupun frasa yang mengandung campur kode. Pada novel My Psychopath Boyfriend karya Bayu Permana tersebut menunjukan adanya arah campur kode Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris, dan arah campur kode Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Korea.

References

Adnyani, N. M., Martha, N., & Sudiana, N. (2013). Campur Kode dalam Bahasa Indonesia Lisan Siswa Kelas VII SMP N 8 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2.

Fitriana, I. F. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Novel Sabtu Bersama Bapak Karya Adhitya Mulya. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 11 (2), 20-33.

Indah, S. P., Muzammil, A. R. U., & Syahrani, A. Campur Kode Dialog Antar Tokoh Dalam Novel Jarak Antarbintang Karya Naimmah Nur Aini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10 (10).

Maryani, R. (2011). Analisis Campur Kode dalam Novel Ketika Cinta Bertasbih Karya Habiburrahman El Shirazy. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.

Meldani, A., & Indrawati, D. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Novel The Sweet Sins Karya Rangga Wirianto Putra. Jurnal Sapala, 5 (1), 5-11.

Nisah, N., Prasetya, K. H., & Musdolifah, A. (2020). Pemertahanan Bahasa Daerah Suku Bajau Samma di Kelurahan Jenebora Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Basataka (JBT), 3 (1), 51-65.

Nurlianiati, M. S., Hadi, P. K., & Meikayanti, E. A. (2019). Campur Kode dan Alih Kode dalam Video Youtube Bayu Skak. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (1), 1-8.

Permana, B. (2018). My Psychopath Boyfriend. Depok: Coconat Book.

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Septika, H. D. (2020). Pemertahanan Bahasa Dayak Kenyah di Kota Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3 (3), 295-304.

Rohmani, S., Fuady, A., & Anindyarini, A. (2013). Analisis alih kode dan campur kode pada novel negeri 5 menara karya Ahmad Fuadi. Basastra, 1 (2), 328-345.

Sitinjak, T. M., & Lubis, M. (2018). Campur Kode Dalam Acara Ini Talkshow Di Stasiun Tv “Net Tv”. Jurnal Sasindo (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED), 7 (2).

Sudarja, K. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pengajaran Bahasa Indonesia. Alfabeta: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2 (2), 35-49.

Yusnan, M., Kamasiah, R. I., Karim, H., & Bugis, R. (2020). Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El-parsia: Transfer Code and Mix Code in Novels Badai Matahari Andalusia Karya Hary El-parsia. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1 (1), 1-12.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Karimah, U. L. A., Anandi, A. D. R. ., Pebrianti, E. E. ., & Kurnia, I. (2023). ANALISIS CAMPUR KODE DALAM NOVEL “MY PSYCHOPATH BOYFRIEND” KARYA BAYU PERMANA. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 243–252. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.273

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)