PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN TEBAK GAMBAR PADA TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Elfin Purnama Sari Universitas Muhammadiyah Malang
  • Innany Mukhlishina Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.235

Keywords:

Pengembangan Media, Papan Tebak Gambar, Teks Deskripsi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi dan menciptakan suasana kelas agar tetap kondusif dan untuk menghindari kemungkinan terjadinya permasalahan yang muncul dalam kelas, diperlukan keterampilan guru dalam menerapkan strategi pengelolaan kelas yang kondusif melalui pengembangan media papan tebak gambar pada teks deskripsi siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Sebanyak 15 siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 8 Dau menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi dan angket respon siswa. Hasil validitas media pembelajaran Papan Tebak Gambar Pada Teks Deskripsi dinyatakan valid setelah dilakukan review oleh ahli media dan materi dengan presentase tingkat pencapaian hasil dari ahli media yaitu sebesar 80% dan presentase tingkat pencapaian hasil dari ahli materi yaitu sebesar 96% dengan kategori layak. Dilakukan uji coba lapangan untuk mengetahui tingkat keterterapan dan kemenarikan media pembelajaran, dengan hasil presentase tingkat pencapaian sebesar 96% dengan kategori sangat baik.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Arianty, R., Restian, A., & Mukhlishina, I. (2021). pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal kecamatan Lawang-Malang pada siswa kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7 (1), 1-12.

Basrochah. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal huruf melalui Penerapan Metode Bermain Kartu Kata di Kelompok B1 TK ABA Ketanggungan Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Casmudi, C., & Prasetyo, K. H. (2023). Pemanfaatan Alat Komunikasi Pembelajaran Online Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP/MTs) pada Era Pendemi Covid 19. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6 (1), 558-564.

Danawati, M. G., Mukhlishina, I., & Wijayaningputri, A. R. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Android Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Optimalisasi Pembelajaran Tematik. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (5), 1793-1798.

Diana, D. R., & Agustiani, I. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata bagi Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Belaindika (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 2 (1), 10–18. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.23.

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Jurnal Koulutus, 6 (1).

Mawati, Elmor Benedict Wagiu, Janner Simarmata, Muhamad Zulfikar Mansyur, La Ili, Bonaraja Purba, Dina Chamidah, Fergie Joanda Kaunang, Jamaludin, A. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Mukhlishina, I. (2017). Modul Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Cerita Petualangan Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5 (2), 791-798.

Mukhlishina, I., Danawati, M. G., & Wijayaningputri, A. R. (2023). Penerapan Modul Ajar sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas IV di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4 (1), 126-133.

Nurhayati, D., Hermanto, H., & Himawan, R. (2022). Pengembangan Modul Digital Materi Teks Fabel Di Kelas VII SMP: Studi Analisis Kebutuhan. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 424-429.

Saragih, K., Damanik, A. L., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi RAFT (Role-Audience-Format-Topic) Pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 418-423.

Silitonga, G. R., Ningsih, W., & Ariga, H. P. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Melalui Media Gambar Di Kelas XI SMA Swasta Free Methodist Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 450-455.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Sari, E. P. ., & Mukhlishina, I. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN TEBAK GAMBAR PADA TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 118–126. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.235

Issue

Section

Articles