PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PANTUN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Nur Hafida Universitas Muhammadiyah Malang
  • Innany Mukhlishina Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.236

Keywords:

Pengembangan Media, Kartu Pantun, Menulis Pantun

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk media pembelajaran dalam menulis pantun. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu dari dilihat situasi dan kondisi di sekolah SD Negeri 2 Kademagan, sekolah tersebut memiliki keterbatasan dalam penggunaan media pada saat proses belajar mengajar. Tujuan diadakan penelitian ini untuk membantu kesulitan yang dihadapi oleh Siswa kelas V di SD 2 Kademangan yang mempunyai permasalahn dalam materi menyusun pantun oleh karena itu Pengembagan media kartu pantun ini membantu siswa kelas V SD untuk menyusun pantun guna mempermudah dan membuat siswa lebih cepat memahami materi pantun. Penelitian Pengembangan ini berpedoman pda model 4D yang dimana terdiri dari empat tahapan pengembangan antara lain: Define, design, develop, disseminate. Subjek dalam penelitian pengembangan ini yaitu siswa kelas V di SD 2 Kademangan yang berjumlah 10 siswa. Data kualitatif penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SD 2 Kademangan. Data kuantitatif pada penelitian ini diperoleh dari validasi dan angket. Validari media kartu pantun mendapatkan presentase 90% dengan kategori sangat baik. Maka produk kartu pantun yang digunakan pada siswa kelas V dapat menjadi acuan untuk mengatasi permasalahan dalam menyusun pantun. Dari hasil validasi media mendapatkan hasil yang relavan untuk digunakan sebagai media pembeljaran untuk siswa kelas V. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan produk katu pantun menjadi lebih kreatif dan lebih menarik untuk dijadikan media pada saat proses pembelajaran materi pantun kelas V.

References

Arkadiantika Irnando, Wanda Ramansyah, Muhammad Afif Efendi, Prita Dellia. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination and Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.

Cahyani, Diniah, Eka. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membuat Pantun Melalui Media Kartu Pantun. Jurnal Sminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP UAD 1 (1).

Danawati, M. G., Mukhlishina, I., & Wijayaningputri, A. R. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Android Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Optimalisasi Pembelajaran Tematik. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (5), 1793-1798.

Kholifah, Nugraheti, Sismulyasih Sabilillah. (2020). Pengembangan Kartu Pantun BerbantuanModel Kooperatif Teams Games Tournament Pada Materi Melisankan Pantun. Jurnal Edukasi, Vol 14 (2) 123- 128.

Mukhlishina, I. (2017). Modul Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Cerita Petualangan Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5 (2), 791-798.

Mukhlishina, I., Danawati, M. G., & Wijayaningputri, A. R. (2023). Penerapan Modul Ajar sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas IV di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4 (1), 126-133.

Nurhayati, D., Hermanto, H., & Himawan, R. (2022). Pengembangan Modul Digital Materi Teks Fabel Di Kelas VII SMP: Studi Analisis Kebutuhan. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 424-429.

Nurhayati Sri. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Anak Melalui Pendekatan Kontekstual dan Media Kartu Pantun Pada Kelas V SDN Paron 2 Ngawi. Jurnal Pendidikan Multidisipliner, Vol 1 (1) 117-124.

Rahma, Fatikh, Inayahtur. (2019). Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Studi Islam, Vol 14 (2).

Rohmaniyah Alfiyatur, Haryadi, Rahayu Pristiwati. (2021). Media Aplikasi Kartu Bergambar Berbasis ARCS untuk Pembelajaran Materi Menulis Pantun dengan Metode Blanded Learning. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol 5 (3) 315-322.

Situmorang, Nila Martha Yehonala. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions. Jurnal of Education Action Research, Vol 2, Number 2.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Hafida, S. N. ., & Mukhlishina, I. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PANTUN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 127–132. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.236

Issue

Section

Articles