ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA PENULISAN IKLAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR BEKAS DI MARKETPLACE

Authors

  • Annisa Annisa Universitas Prima Indonesia
  • Resperdiana Purba Universitas Prima Indonesia
  • Faudunasokhi Telaumbanua Politeknik Negeri Media Kreatif Medan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.250

Keywords:

Kesantunan Berbahasa, Iklan, Marketplace

Abstract

Penelitian ini berfokus pada ketepatan bahasa yang digunakan oleh si penutur sesuai dengan konteks yang berkaitan dengan tempat, waktu, situasi, dan latar belakang penutur baik itu budaya, sosial, pekerjaan, dan lingkungannya. Dalam kumunikasi tulisan diperlukan juga kesantunan berbahasa, salah satunya dalam memasarkan barang di marketplace, si penjual harus mendiskripsikan iklan dengan bahasa yang menarik dan sopan karena produk yang dipasarkan melalui media sosial harus santun agar dapat mudah dipahami, dan bernilai positif karena akan dilihat oleh masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kesantunan bahasa digunakan dalam iklan sepeda motor bekas di marketplace dan apakah ada pelanggaran kesantunan berbahasa. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan pragmatik.  Hasil penelitian, terdapat kesantunan berbahasa pada maksim kesimpatian dan maksim penerimaan. Maksim kesimpatian untuk menarik rasa simpati konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan dan maksim penerimaan memberikan rasa keuntungan bagi konsumen jika membeli produk yang ditawarkan oleh si penjual. Selanjutnya, pelanggaran kesantunan berbahasa terdapat pada maksim tidak kesimpatian dan maksim kemurahan.

References

Cahyani, D. N., & Rokhman, F. (2017). Kesantunan berbahasa Mahasiswa Dalam Berinteraksi Di Lingkungan Universitas Tidar: Kajian Sosiopragmatik. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6 (1), 44-52.

Dewi, N. D., & Raden, H. 2017. Kesantunan Berbahasa pada Tuturan Siswa SMP. Jurnal Literasi, Vol 1 (2).

Febriasari, D., & Wijayanti, W. (2018). Kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2 (1), 140-156.

Kusumaswarih, K. K. (2018). Strategi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (2).

Nisah, N., Prasetya, K. H., & Musdolifah, A. (2020). Pemertahanan Bahasa Daerah Suku Bajau Samma di Kelurahan Jenebora Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Basataka (JBT), 3 (1), 51-65.

Nuralifa dkk. 2021. Penggunaan Bahasa pada Media Sosial (Medsos): Studi Kajian Pragmatik. Jurnal Gema Wiraloda, Vol. 12 (222).

Prasetya, K. H. (2018). Analisis Percakapan Monolog pada Acara Stand Up Comedy Metro TV. Jurnal Basataka (JBT), 1 (1), 11-21.

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (1), 1019-1027.

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Septika, H. D. (2020). Pemertahanan Bahasa Dayak Kenyah di Kota Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3 (3), 295-304.

Rohimah, R., & Rima M. A. 2019. Analisis kesantunan Berbahasa pada Iklan Susu Formula. Jurnal Parole, Vol. 4 (2).

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1), 13-24.

Susetya, D. S. H. dkk. Implementasi Prisnsip Kesantunan Bahasa pada Iklan Produk. Vol. 23 (2).

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Annisa, A., Purba, R. ., & Telaumbanua, F. . (2023). ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA PENULISAN IKLAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR BEKAS DI MARKETPLACE. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 170–177. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.250

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>