ANALISIS PENGGUNAAN MAJAS PERBANDINGAN PADA PUISI SISWA KELAS X SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Reni Saragih Universitas Prima Indonesia
  • Titania Br Tinambunan Universitas Prima Indonesia
  • Annisa Annisa Universitas Prima Indonesia
  • Meriah Kita Deliana Universitas Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.193

Keywords:

Majas Perbandingan, Puisi, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penggunaan majas perbandingan dalam puisi karya siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan, mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menggunakan majas perbandingan dalam puisi karangannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis artinya data dikumpukan berupa kata-kata bukan angka-angka setelah itu dilakukan analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan noninteraktif simak daln catat karena tidak ada pengaruh antara sumber data dan peneliti. Teknik analisis data menggunakan teknik dasar pilah unsur penentu. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan majas perbandingan dalam puisi siswa kelas X ditemukan beberapa majas perbandingan yang digunakan antara lain yaitu majas persimie, metafora, personifikasi, dan alegori. Kemampuan penggunaan majas perbandingan siswa cukup baik akan tetapi penggunaanya masih sangat minim.

References

Andrianto, D., Elfitra, L., & Pujiastuti, I. (2020). Analisis Majas Puisi di Atas Batik Kumpulan Puisi Siswa Sekolah Menengah Pertama Kepulauan Riau. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1 (2), 50-57. Diakses pada 14 Desember 2022. https://soj.umrah.ac.id/index.php/SOJFKIP/article/view/421.

Farida, C. M. N. (2020). Majas Perbandingan Dalam Kumpulan Puisi Saudara Seperguruan Kopi Karya Evan Moch., dkk. Diklastri: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia, 1 (1), 35-47. Diakses pada 15 Desember 2022. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri/article/view/65.

Fausen, F. (2021). Majas Perbandingan Dalam Antalogi Puisi Jangan Lupa Bercinta Karya Yudhistira ANM Massardi (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Bangkalan). Diakses pada 17 Desember 2022. http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/1393/.

Hasanah, D. U., Achsani, F., & Al Aziz, I. S. A. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa pada Puisi-puisi Karya Fadli Zon. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 13-26. 11 Desember 2022. https://scholar.archive.org/work/pqfsell3vvc5hbawu6jvgrzpsy/access/wayback/http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/download/8187/pdf.

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 521-527. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1917.

Nindri, R. F. (2015). Majas Dalam Kumpulan Puisi Setiap Baris Hujan Karya Isbedy Stiawan ZS. Skripsi: STKIP PGRI SUMBAR. Skrispi: STKIP PGRI tidak diterbitkan.

Mujiati, S. (2016). Penggunaan Majas Perbandingan Dalam Puisi Karya Siswa Kelas VIII di SMP N 3 Colomadu Tahun Ajaran 2015/2016. Diakses pada 18 Desember 2022. https://core.acuk/download/pdf/148612141.pdf.

Rachmadani, F. D. (2017). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi Karya Siswa SMA di Yogyakarta. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 6 (3), 297-312. Diakses pada 12 Desember 2022. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pbsi/article/view/8035.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Saragih, R., Tinambunan, T. B. ., Annisa, A., & Deliana, M. K. . (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MAJAS PERBANDINGAN PADA PUISI SISWA KELAS X SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 314–318. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.193

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>