EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 05 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Sri Rahmadani Universitas Prima Indonesia
  • Annisa Annisa Universitas Prima Indonesia
  • Dani Sukma Agus Setiawan Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.75

Keywords:

Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Puisi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa mengidentifikasi unsure teks puisi masih rendah dan masih kesulitan dalam menuangkan ide dalam menulisnya. Oleh karena itu, peneliti ini bertujuan untuk medekskripsikan ada Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kmemapuan Mengidentifikasi Unsur Teks Puisi  pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan ini berjumlah 90 orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 60 orang yaitu sampel yang sudah diacak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes mengidentifikasi unsur teks puisi dalam bentuk essai, peneliti menugaskan siswa untuk mengidentifikasi unsur teks puisi bedasarkan tema yang sudah ditetapkan, yaitu tanpa menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (X), Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (Y). Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada perbedaan antara tanpa menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05  Medan. Tanpa menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) memiliki nilai rata-rata= 60,333 (Cukup), sedangkan dengan menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki nilai rata-rata= 80 (Baik). Peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur teks puisi dapat terlihat, dalam proses belajar mengajar maupun melalui hasil karya menulis unsur puisi oleh masing-masing siswa. Pada hasil tes siswa yang telah di observasi peneliti menunjukkan adanya Efektivitas Model (CIRC) terhadap kemampuan menulis unsur-unsur puisi lebih efektif.

References

Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S.2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Fristi. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Terhadap Kemampuan Menentukan Fakta dan Opini Pada Tajuk Rencana Harian Kompas Oleh Siswa XI SMA Islam Terpadu Al-Ulum Tahun Pembelajaran 2012/2013”.[Online]. Tersedia:filehttps://www.neliti.com/publications/56755/pengaruh-model-pembelajaran-cooperative-integrated-reading-and-composition-circt.html.SM.pdf.[05 februari 2019].
.Hardi Kurniawan.(2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Kemampuan Membaca Kritis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII MTs N 13 Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017”.[Online]. Tersedia: file://C:User/pc00/AppData/Local/Temp/2520kurniawan.SM.pdf.[05februari201]
Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Perpustakaan Nasional
Imas Kurniasih dan Berlin Sani 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta:Kata Pena.
Kosasih. 2017. Ketatabahasaan dan Kesusasteraan. Bandung: Yrama Widya.
Nurhadi. 2016. Tujuan Mengidentifikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhasanah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA Swasta Yapim Biru-biru Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi FKIP UNPRI Medan: tidak diterbitkan.
Poerwadarminto W.J.S. 1976. Kamus Besar Bahasa Indonesia. PN Balai Pustaka: Jakarta.
Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rusman. 2015. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajsa Grafindo Pustaka
Samroh (2012). “Efektivitas Penggunaan Teknik Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Membaca cerpen Siswa Kelas VII SMP Swasta Budi Agung Medan Marelan Tahun Pembelajaran 2009/2011”. [Online]. Tersedia: file https://www.neliti.com/publications/57115/efektivitas-penggunaanteknik-cooperative-integrated-reading-and-composition.html.SM.pdf. [05 februari 2019]
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research and Pratice. London: Allymand Bacon.
Shoimin, A. 2016.Model Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Sudjana. 2016. Metode Statistika. Bandung: Trasito.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umry Hadi Shafwan dan Winarti. 2011. Sastra Mandiri (telaah Puisi. Medan: Format Publishing.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Rahmadani, S., Annisa, A., & Setiawan, D. S. A. (2019). EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 05 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 50–56. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.75

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>