ANALISIS GAYA BAHASA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “SEPERTI SUNGAI YANG MENGALIR” KARYA PAULO COELHO

Authors

  • Noftalia Rejekinta Pintubatu Universitas Prima Indonesia
  • Hertina Tarigan Universitas Prima Indonesia
  • Dani Sukma Agus Setiawan Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.141

Keywords:

Gaya Bahasa, Nilai Pendidikan Karakter, Novel

Abstract

Penelitian ini membahas tentang menganalisis gaya bahasa dan nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Seperti Sungai yang Mengalir karya Paulo Coelho. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu baca dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara: 1. Menbaca novel Seperti Sungai yangMengalir karya Paulo Coelho, 2. Menandai kalimat atau paragraf yang mengulas tentang gaya bahasa dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam  novel Seperti Sungai yang Mengalir karya Paulo Coelho, 3. Menganalisis hasil temuan tentang gaya bahasa dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Seperti Sungai yang Mengalir karya Paulo Coelho, 4. Mendeskripsikan hasil temuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Seperti Sungai yang Mengalir karya Paulo Coelho menggunakan gaya bahasa yang beragam. Gaya bahasa yang terdapat pada novel tersebut ntara lain: Retoris, Personifikasi, Hiperbola, Ironi, Asosiasi, dan Anafora. Nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut antara lain: Religius, Percaya diri, Kerja keras, dan bertanggung jawab.

References

Akbar, M. 2017, “Analisis Gaya Bahasa pada Novel Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangis Karya Paulo Coelho”. Skripsi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang.

Amalia, Rihi Novita. 2010. “Analisis Gaya Bahasa dan Nilai-nilai Pendidikan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata”. Skripsi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ambiya, Zenul Mujahid. (2018). “Keberlakuan Nomina sebagai Predikat dalam Kalimat Bahasa Indonesia: Kajian Sintaksis”. dalam Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 7 (1), h.49-68

Coelho Paulo. 2014. Seperti Sungai yang Mengalir. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Febrianty. 2016. Bab I Pendahuluan. dalam docplayer.info, 07 November 2021

Fadhil, M. 2019. “Mekanisme Pertahanan Tokoh Utama Dalam Novel Hoshi no Koe. Bab I Pendahuluan”. elibrary unikom, 20 April 2020, dilihat 09 Juni 2021. https://elibrary .unikom.ac.id/.

Fadhil, M. 2019. “Mekanisme Pertahanan Tokoh Utama Dalam Novel Hoshi no Koe. Bab II Tinjauan Pustaka”. elibrary unikom, 20 April 2020, dilihat 09 Juni 2021. https://elibrary .unikom.ac.id/.

Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurcahyani, D., Maulida, N., & Prasetya, K. H. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama Guru Honorer Dalam Komik Pak Guru Inyong Berbasis Webtoon Karya Anggoro Ihank. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 35-40.

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1019-1027.

Violita Viny, Chairil Effendy, Martono. “Analisis Gaya Bahasa Dalam Novel Supernova 2 “Akar” Karya Dewi Lestari”. media neliti, dilihat 12 Januari 2021. https//media.neliti.com/.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Pintubatu, N. R., Tarigan, H. ., & Setiawan, D. S. A. . (2022). ANALISIS GAYA BAHASA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL “SEPERTI SUNGAI YANG MENGALIR” KARYA PAULO COELHO. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 9–18. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.141

Issue

Section

Articles