ALIH WAHANA CERPEN TIO NA TONGGI KARYA HASAN AL BANNA MENJADI NASKAH DRAMA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.240Keywords:
Alih Wahana, Cerpen, Naskah Drama, Unsur Intrinsik dan EkstrinsikAbstract
Penelitian ini berfokus pada alih wahana cerpen Tio Na Tonggi karya Hasan Al Banna menjadi naskah drama sebagai bahan ajar apresiasi sastra di sekolah. Alih wahana ialah pergantian kesenian menjadi bentuk lain atau pengalihan ide serta gagasan dalam menyampaikan pesan. Cerpen Tio na Tonggi menceritakan tentang seorang anak yang ingin berbakti kepada Bapaknya karena setelah kepergian Ibunya hidup mereka mengalami kesusahan. Metode kualitatif dipakai oleh peneliti dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan Teknik deskriptif kualitatif. Kata, frasa, klausa, dan kalimat digunakan sebagai data penelitian untuk membantu pengubahan bentuk dan proses alih wahana cerpen. Hasil penelitian berupa naskah drama dan analisis unsur intrinsik serta ekstrinsik dari cerpen Tio Na Tonggi.
References
Anwar, Febrina. 2019. “Kritik Sosial Dalam Naskah Drama Alangkah Lucunya Negeri Ini Karya Deddy Mizwar”. Dilihat pada 24 November 2022. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10057.
Banna, Hasan Al. 2022. Malim Pesong. Medan: Obelia Publisher.
Casmudi, C., & Prasetyo, K. H. (2023). Pemanfaatan Alat Komunikasi Pembelajaran Online Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP/MTs) pada Era Pendemi Covid 19. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6 (1), 558-564.
Damono, Sapardi Djoko. 2018. Alih Wahana. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif”. Dilihat pada 24 November 2022. https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/view/38075.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (03), 521-527.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Jurnal koulutus, 6 (1).
Indrawati, P., Prasetya, K. H., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3 (3), 225-234.
Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (1), 1019-1027.
Rohman, Saifur. 2020. Pembelajaran Cerpen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1), 13-24.
Siswono. 2014. Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
Triningsih, Diah Erna. 2009. Gaya Bahasa dan Peribahasa dalam Bahasa Indonesia. Klaten: PT Intan Pariwara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dani Sukma Agus Setiawan, Winda Yosefin, Candra Saudur Siagian, Ernie Bertha Nababan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.