PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Mellya Carlina Sari Universitas Pelita Harapan
  • Ernie Bertha Nababan Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.466

Keywords:

Kemampuan Membaca, Membaca Pemahaman, Metode CIRC

Abstract

Membaca tidak sekadar mengerti isi tersurat, namun aktivitas memahami makna bacaan melibatkan kemampuan visual dan kognisi sehingga pembaca mendapatkan ilmu, informasi, pengalaman, dan pengetahuan baru. Pada salah satu sekolah swasta di Tangerang ditemukan kemampuan membaca pemahaman yang rendah ditunjukkan dari kurangnya menyimpulkan bacaan, memahami makna tersirat dan tersurat, menjawab pertanyaan, dan menceritakan kembali cerita menggunakan bahasa sendiri. Tujuan penulisan paper ini untuk memaparkan penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Adapun metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Penerapan metode CIRC dilakukan sesuai tahap prabaca, membaca, dan pascabaca diperoleh hasil, yaitu 1) siswa mampu menyimpulkan bacaan, 2) siswa mampu memahami makna tersurat dan tersirat, 3) siswa mampu menjawab pertanyaan, dan 4) siswa mampu menceritakan kembali cerita menggunakan bahasa sendiri. Penerapan metode ini disarankan diterapkan dalam jumlah siswa kurang dari 30 sehingga guru dapat memantau perkembangan membaca pemahaman dengan optimal.

References

Adawiyah, H., Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2020). Model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 233-247.

Alfino, Y., Ramadhanti, D., & Sari, A. W. (2023). Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMP Negeri 26 Padang. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 3(1), 64-79.

Aprilentina, Fahrurrozi, Anwar, M., & Wicaksono, J. W. (2020). Penggunaan Metode CIRC Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Buana Pendidikan, 16(30), 173-182.

Azizah, A. N., & Yanti, P. G. (2022). Efektivitas model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan berkomunikasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7619-7626.

Choiri, M. I., Rizal, M. S., & Ananda, R. (2022). Penggunaan model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 13(2), 42-51.

Dharu, N. N., & Trisnantari, H. E. (2022). Strategi pembelajaran pada kemampuan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Jabalsari. Arus Jurnal Pendidikan (AJUP), 2(2), 124-137.

Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 31-42.

Halawa, N., Ramadhan, S., & Gani, E. (2020). Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 27-34.

Hasibuan, A. N., & Rambe, R. N. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Compositin) di kelas IV SD Negeri 112331 AEK Kota Batu. EUNOIA: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 19-37.

Kurniawati, R. (2012). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XII SMA di Surabaya. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-9.

Mentari, Y., Fikri, H., & Syofiani. (2014). Peningkatan Minat Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas X.8 Dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(7), 1-9.

Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869.

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23-34.

Nurhaidah, N., Abdussamad, A., & Syambasril, S. (2015). Pengaruh Metode CIRC Dan Teknik Membaca Sq4r Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 4(12), 1-15.

Sanusi, R. N., & Aziez, F. (2021). Analisis Butir Soal Tes Objektif Dan Subjektif Untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 99-109.

Sari, E. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 74-82.

Sari, Y., Syahrul, R., & Rasyid, Y. (2018). Hubungan Antara Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 446-453.

Sarika, R., Gunawan, D., & Mulyana, H. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. Caxra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 49-56.

Selmedani, S., Septiana, V. W., & Lasari, Y. L. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Menggunakan Model SQ3R Pada Peserta Didik Kelas IV SD. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 4(1), 55-66.

Sintia, A., & Ramadhan, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Painan. Jurnal Pendidikan, 32(2), 339-346.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1), 111-123.

Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71-81.

Syafitri, C. R., & Mansurdin, M. (2020). Model Cooperative Integrated Reading And Composition Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335-1346.

Syaparani, S. (2019). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SMP Negeri 6 Meliau. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 48-55.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sari, M. C., & Nababan, E. B. . (2024). PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 290–302. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.466

Issue

Section

Articles