PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DEBAT (DEBATE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Ayu Trigustina Panjaitan Universita Prima Indonesia
  • Annisa Annisa Universitas Prima Indonesia
  • Dani Sukma Agus Setiawan Universita Prima Indonesia
Keywords: Model debat, Eksperimen., Menulis

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model debat (debate) terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Eksperimen dengan desain two group post-test design only. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda yang berjumlah 102 siswa. Sampel Penelitian terdiri dari dua kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas X-MM 1 sejumlah 31 siswa dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yaitu X-MM 2 sejumlah 31 siswa. Pengambilan sampel ini dengan random sampling ( acak kelas ). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu post-test. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa menulis Paragraf Argumentasi. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor post-test berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda dengan penggunaan model debat (debate) dan tanpa penggunaan model debat (debate. Perbedaan tersebut ditunjukan oleh hasil uji-t yaitu -ttabel = -2,00 < thitung = 5,83 > ttabel = 2,00, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model debat (debate) terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Akhadiah, Sabarti. 1997. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa. Jakarta: Erlangga.
Barus, Sanggup. 2010. Pembinaan Kompetensi Menulis. Medan: USU Press.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Dina. 2018. Jurnal. “ Peningkatan Kemampuan
Menulis Paragraf Argumentasi dengan
menggunakan Model pembelajaran
Gambar Berseri pada siswa kelas X SMA
Swasta Setia Budi Binjai” Universitas
Prima Indonesia.

Eliza. 2012. Jurnal. “Efektivitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta DR. Wahidin Sudirohusodo Medan” Universitas Medan.

Erni Fatmawati, Imron. 2017. Jurnal. “Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sman 1 Belitang Hilir” Universitas Pancasakti Tegal. Vol 11, No 2
Handayani, dkk. 2015. Bahasa dan Sastra Indonesia 1. Jakarta: Grafindo.
Istarani. 2015. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Poerwadarminta. 1998. Kemampuan Menggunakan Bahasa Lisan dan Tulisan. Jakarta: Rineka Cipta.
Siluh Putu. 2013. Jurnal. “Penerapan Teknik Debat Dalam Pembelajaran Menulis Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X.1 Sma Negeri 2 Banjar” Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 1, No 5
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV, Alfabeta.
Sudjana. 2016: Metoda Statistika, Bandung: Tarsito.
Tarigan, Henry Guntur . 2013. Menulis. Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Pencetakan Angkasa.
Vera. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X-1 SMA Swasta Tiga Putra Persada Tahun Pelajaran 2017/2018” Universitas Prima Indonesia. Medan.
Yanti dkk, 2017. Bahasa Indonesia konsep dasar dan penerapan. Jakarta : PT Grasindo, Anggota IKAPI
Published
2019-07-22
How to Cite
Panjaitan, A., Annisa, A., & Setiawan, D. (2019, July 22). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DEBAT (DEBATE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 17-22. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.42
Section
Articles